Alun-Alun Palabuhanratu Sukabumi Disterilkan Jelang Pelaksanaan Salat Idul Adha

PALABUHANRATU – Menjelang pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 H, Alun-Alun Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi disterilkan dengan penyemprotan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Langkah ini dilakukan untuk memastikan kebersihan dan kenyamanan para jemaah yang akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H, Senin, (17/6) besok hari.

Bacaan Lainnya

Simak Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai SyariatPenampakan Jamaah shalat Idul Adha di Masjid Al-Azhar Hari Ini, Melimpah Hingga ke HalamanSidang Isbat Idul Adha 7 Juni 2024, Potensi Lebaran Bareng

Selain penyemprotan, pihak jajaran DKM Masjid Agung Palabuhanratu juga langsung memasang garis shaf sebagai penanda jarak antar jemaah. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan membedakan shaf laki laki dan perempuan.

“Iya ini untuk melaksanakan salat idul adha seperti biasa, seperti tahun sebelumnya juga sama, karena pelaksanaan salat idul adha sendiri tidak dilaksanakan di dalam masjid tapi di area alun alun,” ujar Syahrul Sidiq ketua Ikatan Remaja Masjid Agung Palabuhanratu.

Syahrul menegaskan, jumlah jamaah pelaksanaan salat idul adha akan berbeda dengan jamaah pelaksanaan idul fitri, namun begitu tetap saja dipredikasi akan membludak untuk itu sterilisasi dilakukan bekerjasama dengan dinas damkar dengan penyemprotan.

“Tetap saja membludak jamaah, tapi tidak terlalu banyak daripada salat idul fitri, karena memang mungkin warga jamaah tidak banyak yang mudik, tapi tetap saja ini biasanya penuh melihat tahun tahun sebelumnya,” jelasnya.

Masih kata Syahrul, tidak hanya penyemptotan, pihaknya juga melaksanakan penandaan dengan pemasangan garis shaf untuk membantu menjaga jarak dan memudahkan jemaah dalam mengatur posisi mereka saat salat.

“Ini juga kita ada penandaan pemasangan garis shaf warna hijau dan putih, ini untuk membedakan jamaah laki laki dan perempuan,” ucapnya.

Upaya tersebut, kata Syahrul lagi merupakan bagian dari upaya jajaran dewan kemakmuran masjid agung untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat ataupun jamaah dalam beribadah salat idul adha 1445 H.

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa area tempat pelaksanaan Salat Idul Adha bersih dan siap digunakan,” bebernya.

“Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan Salat Idul Adha di Alun-Alun Palabuhanratu dapat berjalan dengan lancar dan khusyuk,” pungkasnya. (Ndi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *