Nelayan Sukabumi Diizinkan Tangkap Benur lobster di Laut, Ini Syaratnya

SUKABUMI — Nelayan Sukabumi akhirnya diizinkan untuk menangkap benih (benur) lobster di perairan laut Kabupaten Sukabumi. Namun, izin tersebut tidak secara mudah menangkapnya, karena harus memenuhi syarat yang dikeluarkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi.

“Nelayan bebas menangkap benur lobster di alam atau legal, namun ada syaratnya pertama sudah mendapatkan izin dari Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi serta saat melakukan penangkapan benur harus dikawal dari pihak kepolisian,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati di Sukabumi seperti dikutif dari Antara.

Bacaan Lainnya

Banjir Rob di Sukabumi Bikin Porak PorandaPerahu Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Tenggelam Dihantam Ombak Besar, Tiga Selamat, Satu HilangKronologis Nelayan Sukabumi Tewas di Perairan Ujung Genteng, Perahu Bocor dan Terbalik

Munculnya kebijakan ini setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), nelayan serta Polres Sukabumi.

Rakor yang diselenggarakan di aula Pelabuhan Perikanan Nusantrara (PPN) Palabuhanratu pada Kamis ini merupakan gagasan dari Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo yang sangat peduli terhadap kesejahteraan nelayan di Kabupaten Sukabumi.

Setelah rakor tersebut, akhirnya keluar kebijakan bahwa nelayan yang merupakan warga asli kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini atau bukan nelayan pendatang bisa menangkap benur lobster di alam.

Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, memanfaatkan potensi sumber daya laut (lobster) karena laut Sukabumi merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi tempat berkembang biak komoditas perikanan bernilai ekonomi tersebut serta memiliki populasi yang melimpah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *