Pemerintah Kota Sukabumi Komitmen Percepat Turunkan Stunting, Luncurkan Aplikasi Siapdate

CIKOLE – Rembuk stunting Kota Sukabumi tahun 2024 dalam rangka percepatan penurunan stunting sekaligus peluncuran Aplikasi Siapdate digelar di Hotel Balcony Kota Sukabumi, Jumat (31/5/2024).

Kegiatan yang dihadiri Penjabaran Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji ini dalam rangka mendeklarasikan komitmen, penyepakatan rencana kegiatan Intervensi serta membangun komitmen Publik dalam upaya penurunan prevalensi stunting.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Sukabumi Paparkan Pentingnya 8 Aksi Konvergensi, Proses Penilaian Kinerja Penurunan Stunting10 ASN Pemkot Sukabumi Purnabakti, Lanjutkan Pengabdian di MasyarakatDKP3 Kota Sukabumi Gelar Pelatihan, Tumbuhkan Pelaku Usaha Perikanan Tangguh dan Berdaya Saing

Kusmana menuturkan, Kota Sukabumi sebagai bagian dari Provinsi Jawa Barat memiliki peran dalam pencapaian target prevalensi stunting Jawa barat.

Dengan melakukan strategi diantaranya, yang pertama pemantauan tumbuh kembang dan kondisi kesehatan balita, kedua pemberian makanan tambahan berbahan pangan lokal dengan sasaran ibu hamil kek/berisiko kek dan balita wasting dan under weight, ketiga kolaborasi dengan berbagai sektor dalam pencegahan balita stunting baru.

” Terkait hal ini, intervensi spesifik tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, tetapi juga dilaksanakan oleh berbagai sektor. tingkat keberhasilan program percepatan penurunan stunting ini sangat dipengaruhi sektor non kesehatan (intervensi sensitive), dengan proporsi dukungan sebesar 70 persen,” ujarnya.

Dijelaskan Kusmana, Kota Sukabumi memiliki inovasi berupa sebuah aplikasi yang mengintegrasikan data balita stunting, data keluarga berisiko stunting, data ketersediaan bantuan sosial, dan data geospasial balita stunting. Aplikasi tersebut dinamakan sistem data stunting terintegrasi (siapdate). ***

Penulis: Humas Pemkot Sukabumi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *