Resmi Masuk KONI Kota Sukabumi, IBCA MMA Targetkan Medali Emas di Eksibisi PON 2024

SUKABUMI – Indonesia Bela Diri Campuran Amatir Mix Martial Art (IBCA-MMA) Kota Sukabumi, kini resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sukabumi.

Meski Cabor ini baru terdaftar di Koni Kota Sukabumi, IBCA-MMA kota Sukabumi juga akan menerjunkan sejumlah atletnya untuk meriah medali emas dalam laga eksibisi PON 2024 yang rencananya akan diselenggarakan di Medan.

Bacaan Lainnya

Perwakilan Cabor Mengadu, DPRD Kota Sukabumi Bakal Panggil KONIAtlet Binaan RIAP Sukabumi Raih Medali Emas di Kejurnas MMA 2023Ketua KONI Kota Sukabumi Cuti, Dana Bantuan Operasional Khusus Cair

Hal tersebut, disampaikan Ketua Umum IBCA-MMA Kota Sukabumi, Irsan P Munandar didampingi Sekretaris IBCA MMA Kota Sukabumi, Dede Galib kepada Radar Sukabumi usai RAT penerimaan Cabag Olahraga (Cabor) baru IBCA MMA bersama Koni Kota Sukabumi di Balcony Hotel, tepatnya di ruas Jalan Raya Selabintana, Nomor 35 Kota Sukabumi pada Senin (27/05) sore. “Kegiatan ini dalam rangka RAT penerimaan cabor baru IBCA MMA. Tujuannya, untuk atlet-atelt agar bisa lebih maju, dibanding sebelumnya. Karena wadah MMA ini kan cabor olahraga yang lagi terkenal juga,” kata Irsan kepada Radar Sukabumi pada Senin (27/05).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa IBCA-MMA ini merupakan cabor baru, dan di pusat cabor tersebut telah diterima pada 2023 di bulan Februari. Sementara, untuk di tingkat Jabar cabor IBCA-MMA ini juga diterima pada 2023 Desember. “Nah, untuk di Kota Sukabumi ini, kita baru diberikan rekomendasi oleh Koni itu pada 30 Januari 2024 dan turunlah SK dari Jabar itu pada 15 Februari. Setelah itu, kita akan diterima oleh Koni disini,” bebernya.

Saat ini IBCA-MMA Kota Sukabumi, sambung Irsan, selain cabor dibawah naungan Koni Kota Sukabumi, juga telah menjalin kerjasama dengan Kobi atau One Pride. “Jadi, atlet dari kita ini bisa masuk setelah amatir, bisa langsung ke pro. Nah, pro-nya itu One Pride,” paparnya.

Terkait perkembangan IBCA-MMA Kota Sukabumi, Irsan mengaku bahwa cabor yang tengah dipimpinnya tersebut sudah ikut Kejurnas dan berhasil meraih 5 medali . Yakni, 2 medali emas dan 2 perak serta 1 medali perunggu. “Intinya kita sudah masuk ke beberapa kejuaraan, kemarin juga kita event di Cianjur terus yang terbaru lagi kerjasama juga sama Kopi King di Cianjur,” bebernya. “Rencananya juga, kita akan menyelenggarakan kegiatan yang berkolaborasi dengan Rumah Inspirasi Alus Pisan (RIAP) dan Kapolres membawa piala Kapolres,” timpalnya.

Meski cabang olahraga tersebut, baru terdaftar di Koni Kota Sukabumi, kini IBCA-MMA Kota Sukabumi memiliki atlet yang teregistrasi sebangak 26 orang, mulai dari usia 11 tahun sampai 28 tahun. “Insya Allah di bulan Juli ini, ada kualifikasi juga untuk ke PON, kita nurunin 3 atlet . Mudah-mudahan kelasnya itu, kita bisa masuk juga. Karena target kita itu minimal 1 emas dibawa pulang,” timpalnya. “Jadi, dari Kota Sukabumi sudah mewakili Jabar untuk PON 2024 itu, sudah pasti masuk untuk Kota Sukabumi, satu atlet. Nah, eksibisi PON 2024 untuk kelas dari Kota Sukabumi, akan mengikuti kelas 70 kg straking MMA,” paparnya.

“Intinya kita IBCA MMA Kota Sukabumi ini, mewadahi anak-anak muda yang sering tawuran atau yang minat atlet bela diri gak ada wadah. Nah, disini lah wadahnya. Selain itu, nanti juga kedepannya jadi polisi, TNI atau PNS dia mempunyai sertifikat tambahan untuk mengusung dia menjadi melalui jalur prestasi,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Olahraga RIAP sekaligus wakil ketua umum IBCA MMA kota Sukabumi, M. Egi Hilaliyo  mengatakan, Cabor IBCA-MMA Kota Sukabumi ini, dapat dijadikan sebagai salah satu wadah selain untuk menjaring atlet prestasi, juga dapat menjadi sarana untuk menyalurkan bakat dan potensi insan muda. “Jadi, Rumah Inspirasi Alus Pisan juga telah merekrut anak-anak geng motor yang memiliki minat dalam dunia musik dan olahraga. Iya itu untuk diarahkan dan mengembangkan bakat mereka dalam hal-hal yang positif. Sehingga, tidak ada lagi kenakalan di Sukabumi,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres Sukabumi, dimana beliau juga menjabat sebagai Penasehat RIAP dan Kabag Sumda Polres Sukabumi Kota sebagai Ketua Rumah Inspirasi Alus Pisan serta H. Dadang Kuswandi sebagai Founder Rumah Inspirasi Alus Pisan, sehingga Rumah Inspirasi Alus Pisan pada MMA ini dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Sukabumi, baik dalam bidang olahraga maupun seni. “Jadi, untuk itu RIAP telah membina para para atlit di B.O.S.S x RIAP MMA dengan memberikan pelatihan kepada para pelajar dan atlit yang ada di Kota Sukabumi, untuk dapat berprestasi,” imbuhnya.

“Alhamdulillah, sekarang B.O.S.S x RIAP MMA tergabung dengan pengcab IBCA MMA Kota Sukabumi, yang dimana IBCA MMA Sukabumi merupakan wadah bagi atlet MMA yang dibawah naungan KONI Kota Sukabumi, sehingga atlit2 MMA yang berprestasi kedepannya akan terbina lebih baik,” timpalnya.

Ketika disinggung mengenai program kedepan atlet RIAP MMA, ia mengaku bahwa dalam waktu dekat ini akan mengikuti seleksi eksibisi PON di Provinsi Medan dan Aceh, Sumatera. “Semoga dengan adanya Pengcab IBCA MMA Kota Sukabumi, atlit-atlet Kota Sukabumi dapat memberikan kontribusi yang positif dengan memberikan prestasi untuk Kota Sukabumi,” pungkasnya. (Den)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *