Event Sukabumi Culinary Night, Upaya Kenalkan Makanan Khas Melalui Wisata Kuliner

CIKOLE – Sebagai bentuk dukungan promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sekaligus naik kelas, Pemerintah Kota Sukabumi menggelar Sukabumi Culinary Night 2024 yang dihelat di Jalan Ir H Juanda (Dago) Kota Sukabumi pada 24-26 Mei 2024. Terlebih, Kota Sukabumi terkenal dengan kulinernya yang enak dan unik.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji membuka secara langsung kegiatan tersebut. Hadir pula sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekrnasda Kota Sukabumi Diana Rahesti.

Bacaan Lainnya

Di Kota Sukabumi Harga Daging Ayam Turun, Ikan Mas NaikPemerintah Kota Sukabumi Dorong Pesantren Jadi Pusat Edukasi, Pariwisata, dan Pemberdayaan EkonomiHUT Ke-74 IGTKI PGRI Kota Sukabumi, Bersinergi Menuju Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas

”Salah satu sektor yang berperan penting dalam pengembangan ekonomi yakni koperasi dan UKM. Namun dalam perjalanannya selain terkendala SDM, teknologi, pembiayaan atau modal ada faktor lain salah satunya pemasaran,” ujar Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji disela-sela pembukaan.

Makanya kata Kusmana, tahun 2023 lalu, sudah dilakukan dan hari ini dilakukan kembali. Ia menuturkan rencananya Culinary Night dilakukan di Agustus 2024, namun dimajukan digabung dengah Festival Kota Kita 2024. ”Selain mendorong pemasaran, juga momentum libur panjang. Sebab, kunjungan wisatawan ke Sukabumi cukup membludak karena kehadiran pengunjing luar kota datang dan ini momen tepat promosikan kuliner,” akunya.

Kusmana menuturkan, harapannya setiap kecamatan menggelar event serupa dengan melibatkan UMKM lokal. Hal ini dalam menyambut pembangunan Jalan Tol Bocimi yang akan masuk Kota Sukabumi.

”Di kecamatan juga mohon ada kegiatan seperti ini di- tata untuk membangkitkan pelaku UMKM di setiap wilayah. Intinya, Sukabumi Culinary Night menjadi momentum awal untuk mendorong pengembangan wisata kuliner di Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Sementar itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk kuliner unggulan di Kota Sukabumi, terutama kepada para wisatawan yang datang ke Sukabumi.

Selain itu menggembangkan potensi dan peluang wisata kuliner dan menumbuhkan kreativitas. “Peserta dalam ajang ini ada sekitar 30 UMKM asal Kota Sukabumi. Selain itu ada lima pelaku UMKM asal Kabupaten Bekasi yang ikut dalam momen ini,” pungkasnya. (why)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *