Lomba Ngabalang Bupati Sukabumi Cup 2024 di Pantai Sangrawayang, Ajang Promosi dan Pengembangan Wisata

SIMPENAN – Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Lomba Mancing Pinggiran (Ngabalang) Bupati Cup 2024, di Pantai Sangrawayang, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kamis, 23 Mei 2024. Lomba Ngabalang ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Bupati Sukabumi mengatakan, lomba ngabalang merupakan salah satu ajang promosi wilayah dan menggugah pola pikir masyarakat dalam pengembangan kawasan destinasi wisata.

Bacaan Lainnya

Bupati Sukabumi Serahkan SK 750 PPPK Formasi 2023, Tingkatkan Motivasi dan Semangat Melayani MasyarakatFestival Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Ke-64Rapat Dinas Mei 2024, Bupati Sukabumi Minta Perangkat Daerah Evaluasi Kinerja Demi Pembangunan Lebih Merata

“Apabila kegiatan seperti ini rutin dilakukan, maka perkembangan pemberdayaan nya akan lebih mudah,” ujarnya.

Dijelaskan Bupati Sukabumi, kawasan Sangrawayang sangat prospektif untuk pengembangan wisata pancing, sebab memiliki hamparan terumbu karang yang kaya akan ikan.

“Tempat ini sangat berpotensi apabila dikelola dengan baik. Mari kita jaga habitat alam yang ada di tempat ini,” pintarnya.

Penyelenggaraan lomba ngabalang di Pantai Sangrawayang menjadi bukti bahwa wisata mancing sangat prospektif bagi menarik wisatawan, karena kegiatan itu banyak diminati peserta dari luar Kabupaten Sukabumi.

Bupati mengajak kepada masyarakat sekitar untuk menjaga dan mengelola kawasan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Rawat tempat ini dan hindari dari pengrusakan alam dengan menciptakan lingkungan yang bersih,” singkatnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni menambahkan pihaknya akan berupaya melakukan pembinaan terhadap masyarakat agar mereka bisa menjadi pelayan ataupun pedagang yang bisa memberikan kepuasan terhadap pengunjung yang datang.

“Semoga wisatawan bisa merasakan banyak hal saat berwisata ditempat ini,” imbuhnya.

Kategori lomba adalah adalah peserta yang mendapatkan ikan terberat akan mendapatkan juara. Juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp2 juta, juara kedua Rp1,5 juta, dan juara tiga Rp1 Juta.

Lomba Ngabalang ditandai dengan lemparan pancing pertama oleh Bupati Sukabumi. Disela-sela kegiatan Bupati Sukabumi memberikan santunan kepada anak yatim dan panti jompo. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *