DKUKM Kabupaten Sukabumi Opening Ceremony Program UMKM Naik Kelas

PALABUHANRATU – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi menggelar opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Rabu, 22 Mei 2024.

Program UMKM Naik Kelas Kabupaten Sukabumi 2024 diikuti sebanyak 100 pelaku usaha se-Kabupaten Sukabumi.  Acara tersebut dihadiri Bupati Sukabumi H Marwan Hamami dan Kepala Bidang Usaha Kecil (Diskuk) Jabar, Ucup Yusuf.

Bacaan Lainnya

Lomba Ngabalang Bupati Sukabumi Cup 2024 di Pantai Sangrawayang, Ajang Promosi dan Pengembangan WisataBupati Sukabumi Serahkan SK 750 PPPK Formasi 2023, Tingkatkan Motivasi dan Semangat Melayani MasyarakatFestival Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Ke-64

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, pemerintah pusat hingga daerah kini tengah berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) UMKM untuk percepatan ekonomi. Hal tersebut dimulai dari tingkat desa.

“Program UMKM naik kelas merupakan salah satu tujuan percepatan ekonomi sebagaimana yang diharapkan pak Presiden,” ujarnya.

Kendati begitu, Pemkab Sukabumi terus mendorong pelaku usaha kecil supaya bisa berkembang.

Bupati Sukabumi menekan kepada pelaku usaha kecil dituntut selalu mandiri untuk mendapatkan pemasaran yang lebih luas.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi menjelaskan, UMKM naik kelas merupakan upaya yang dibuat pemerintah untuk meningkatkan UMKM dan mendorong instrumen fiskal supaya pemilik usaha kecil bisa bangkit dari kesulitan ekonomi.

Program ini bertujuan untuk memperluas pemasaran, pembiayaan, perizinan dan tekhnologi digitalisasi dengan target berpotensi ekspor, serta mendorong usaha mikro ke usaha kecil.

Pelaku usaha yang mengikuti program UMKM naik kelas ini akan mendapatkan pendampingan selama 8 bulan ke depan.

“Ratusan peserta ini tersebar di 47 Kecamatan dengan melalui pendaftaran dan akurasi sesuai indikator naik kelas,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *