Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu Sukabumi Yang Terlupakan

PALABUHANRATU – Tugu Jangilus yang berlokasi di Simpang Tiga Kampung Batu Sapi, Kelurahan/ kecamatan Palabuhanratu, yang dianggap sebagian orang sebagai ikon ibu kota Kabupaten Sukabumi kini tidak terawat.

Pantuan dilapangan keberadaan tugu jangilus tepat diantara jalan nasional Sukabumi – Palabuhanratu dan jalan Kabupaten menuju arah jalan Ahmadyani tersebut tidak mencerminkan kehormatan yang seharusnya dirawat baik keindahannya, kebersihannya kini seolah terlupakan, terabaikan, dan terbiarkan menjadi kusam, kotor, bahkan kumuh.

Bacaan Lainnya

Truk Seruduk Pikap di Palabuhanratu Sukabumi, 6 Luka Satu Orang MeninggalForkompimcam Palabuhanratu Sukabumi Jaga Keamanan Malam Takbiran dan Salat iIdul FitriRTH Taman Tenjoresmi Palabuhanratu, Tempat Asri dan Sejuk Bikin Betah Ngabuburit di Bulan Ramadan

Dahulu, kata Libra Rustiana (64) warga Citarik keberadaan tugu jangilus itu di bundaran lampu merah jalan Siliwangi Palabuhanratu dan sudah menjadi ikon bagi masyarakat sekitarnya, kemudian dipindahkan ke simpang tiga kampung Batusapi tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, Libra Rustiana menyayangkan dengan kondisinya saat ini dimana perhatian pemerintah daerah kabupaten Sukabumi melalui dinas terkaitnya terhadap keberadaan ikon tugu Jangilus tersebut kini seperti terabaikan.

“Bisa dilihat hari ini kondisinya kumuh, gak nyaman dipandang, setahu saya sejak dibangun kalau tidak salah tahun 2008 apa 2009 lalu sampai sekarang gak pernah terlihat ada perbaikan ataupun pemeliharaan gak kelihatan,” ujar Libra Rustiana. Kamis, (9/5).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *