Satgas Yonif 310 Sukabumi Bantu Tingkatkan Mutu Kesehatan di Pegunungan Bintang Papua

PAPUA- Banyaknya warga yang berobat ke Pos TNI merupakan salah satu indikator tingginya tingkat kepercayaan masyarakat, Pos Batom Satgas Yonif 310/KK Sukabumi keliling kampung susuri rumah-rumah warga berikan pelayanan dan pengobatan gratis kepada warga Kampung Batom, Distrik Batom, Pegunungan Bintang, Senin (6/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Bacaan Lainnya

Satgas Yonif 310 Sukabumi Peduli Pendidikan di Pedalaman PapuaKeseruan Satgas Yonif 310 Sukabumi Bersama Anak Papua Terapkan PHBSJamin Kesehatan Warga Perbatasan, Satgas Yonif 310 Sukabumi Gelar Pengobatan Keliling

Dikatakan Dansatgas, ini merupakan wujud kepedulian dan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Satgas Yonif 310/KK, kegiatan ini langsung ditangani oleh Tim Kesehatan Satgas yang berada di wilayah Distrik Batom. “Kegiatan pelayanan kesehatan ini rutin kami lakukan guna memeriksa dan membantu masyarakat dalam penyediaan sarana dan prasarana pengobatan,” terang Dansatgas

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, salah satu yang menjadi tantangan dalam bidang kesehatan saat ini adalah belum meratanya pelayanan kesehatan yang bermutu, terlebih di wilayah pedalaman seperti di wilayah Papua. Sehingga Satgas  Yonif 310/KK berupaya untuk meningkatkan mutu kesehatan di wilayah Distrik Batom, Kab. Pegunungan Bintang.

Pada kesempatan itu, Danpos (Komandan Pos) Batom Letda Inf Eko Effendi bersama Tim Kesehatan Satgas berkeliling kampung susuri rumah warga dalam memberikan pelayanan kesehatan. “Wilayah Distrik Batom merupakan wilayah yang endemik malarianya cukup tinggi, ditambah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, dirasa kami perlu bertindak aktif demi meningkatkan kualitas kesehatan bagi warga perbatasan,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Masyarakat sangat senang dengan adanya kegiatan pelayanan kesehatan ini, seperti halnya Yeri Kaladana (57) salah seorang warga kampung, dirinya mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini semoga dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan. “Kami sangat berterimakasih untuk bapak-bapak Tentara yang datang untuk memeriksa kesehatan kami, kami sangat terbantu sekali, kami hanya bisa berterimakasih dan mendoakan agar bapak-bapak Tentara sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan,” tutur Yeri Kaladana. (*/Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *