Begini Harapan Kepala DPKP Kabupaten Sukabumi Peringati HUT Damkar ke 105

PALABUHANRATU – Memasuki usia ke 105 keberadaan dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan, kepala dinas Uang Burhanudin harapkan kedepan skill personelnya lebih meningkat.

Hal itu diungkapkan Uang Burhanudin kepada Radar Sukabumi seusai mengikuti upacara memperingati HUT ke 105 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tingkat Kabupaten Sukabumi di halaman gedung sekretariat daerah jalan Siliwangi no 10 Palabuhanratu. Senin, (6/5).

Bacaan Lainnya

Cuhatan Bupati Sukabumi Marwan di HUT Damkar dan Penyelamatan ke 105HUT ke 105 Damkar Tingkat Kabupaten Sukabumi, Bupati Minta Tingkatkan Layanan Pencegahan dan PenyelamatanDPKP Kabupaten Sukabumi Gelar Skill Competition, Jelang HUT ke 105 Pemadam Kebakaran

“Alhamdulillah kita dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Sukabumi sudah melaksanakan kegiatan upacara HUT ke 105, semuanya berjalan lancar,” ujar Uang.

Dalam peringatan HUT ke 105 dinas Damkar tidak hanya melaksanakan upacara peringatan, namun juga sejumlah kegiatan yang melibatkan seluruh personel dari 12 pos yang tersebar di beberapa titik kecamatan di Kabupaten Sukabumi, salah satunya lomba skill competition.

“Kita bukan upacara saja, sebelumnya ada kegiatan lomba skill tujuanya kita bersilaturahim semua personel yang ada di dinas Damkar, yang ada di 12 posko,” jelasnya.

“Juga tujuan lain digelarnya lomba itu untuk mengasah keterampilan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada msyaarakat, jadi mereka personel damkar ini siap untuk melaksanakan siaga,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Uang mengakui di peringatan HUT Damkar dan Penyelamatan ke 105 ini masih banyak kekurangan, salah satunya armada dan juga keberadaan posko yang masih kurang.

Namun begitu, Uang berharap dan menghimbau kepada para personelnya dilapangan kekurangan yang saat ini dialami bukan menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Jumlah personel di dinas Damkar itu 193 orang termasuk ada ASN dan PHL nya. Memang kita kalau melihat berdasarkan regulasi itu sesuai dengan jumlah kecamatan ada 47, tapi hari ini baru ada 12 posko, mudah mudahan kedepannya akan terus bertambah,” paparnya.

Sementara, berdasarkan laporan yang terekap dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan sepanjang tahun 2023 telah berkontribusi melakukan penanggulangan kebakaran sebanyak 579 kali dan non kebakaran 517 kali atau penyelamatan.
“Penyelamatan terbanyak adalah animal rescue, dan juga yang lain lain,” pungkasnya. (Ndi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *