Kadisnakertrans Kabupaten Sukabumi Angkat Bicara, Soal Tuntutan Buruh di May Day

PALABUHANRATU – Kepala dinas ketenaga kerjaan dan transmigrasi Kabupaten Sukabumi Usman Jaelani angkat bicara menyoal sejumlah tuntutan yang disampaikan para buruh dalam aksi unjuk rasa di momen peringatan hari buruh 1 Mei lalu di depan gedung DPRD jalan komplek perkantoran jajaway Palabuhanratu.

Menurut Usman Jaelani, tuntutan para buruh yang tergabung dalam DPC FSB KIKES KSBI (Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Kimia Umum Farmasi dan Kesehatan Konfederasi Serikat Buruh seluruh Indonesia) Sukabumi Raya realistis terutama berkaitan dengan PP 36.

Bacaan Lainnya

Momen May Day, Kapolres Sukabumi Dapat Penghargaan Dari BuruhPeringati May Day di Kota Sukabumi, Buruh Rekreasi di Kawasan WisataBegini Kata Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Terkait Tuntutan Buruh di Momen May Day

“Kalau Menurut saya realistis, itu kaitan PP 36, itukan masalah pengupahan dimana mungkin terserah dari pusat seperti apa aturannya,” ujar Usman belum lama ini.

Adapun terkait layanan Silent Center yang dipersoalkan para buruh, Usman menegaskan bahwa itu merupakan layanan yang didalamnya menginformasikan lowongan kerja yang disebar oleh pihak perusahaan perusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Sebetulnya Silent Center itu kaitan dengan loker lowongan kerja. Jadi bagi perusahan perusahan yang menggunakan itu maka, siapapun dapat melamar di loker itu, tetapi secara fisik itu di perusahaan, karena ada link link lamaranya di perusahan langsung,” jelasnya.

Ditegaskan Usman, kalaupun para buruh dalam tuntutannya, Silen Center tersebut didalamnya terjadi pungli atau terdapat aktivitas pungli, maka hal itu perlu dibuktikan, agar informasinya tidak menyesatkan ataupun membuat bingung dan gaduh di masyarakat.
“Kalau memang tuduhan seperti itu (pungli -red) silahkan saja kalau ada yang bisa membuktikan,” terangnya.

“Karena sementara ini kami sudah mengadakan rapat antara stake holder terkait, pada siapapun yang bisa membuktikan terhadap pungli silahkan laporkan,” imbuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *