Lahan Pertanian di Kota Sukabumi Menyempit, Berkurang 26 Hektar

SUKABUMI — Luas lahan pertanian di Kota Sukabumi, Jawa Barat berkurang sekitar 26 hektare pada 2024 ini yang dikarenakan karena meningkatnya alih fungsi lahan pertanian seperti menjadi permukiman atau fasilitas lainnya.

“Pada 2023 luas lahan pertanian di Kota Sukabumi sekitar 1.321 hektare, tetapi pada tahun ini menjadi 1.295 hektare atau berkurang 26 hektare,” kata Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Kota Sukabumi Nuraeni Komarudin di Sukabumi, Jumat.

Bacaan Lainnya

Sukabumi Sukabuku Gelar Workshop Menulis Cerita Anak dan Read AloudOperasi Pasar Bersubsidi di Kota Sukabumi Diserbu WargaDua Pengedar Sabu dan Obat Terlarang di Kota Sukabumi Dipaksa Pensiun Dini Polisi

Menurut Nuraeni, dengan semakin berkurangnya luas lahan pertanian ini tentu mempengaruhi terhadap persediaan pangan khususnya beras sehingga harus bergantung pasokan dari daerah lain.

Adapun rata-rata konsumsi beras warga Kota Sukabumi setiap tahunnya mencapai 37 ribu ton, tetapi beras yang dihasilkan dari lahan yang tersisa hanya bisa memenuhi kebutuhan konsumsi sekitar 30 persen atau produksi beras hanya 12 ribu ton/tahun.

Penulis: Antara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *