Bijak Berinteraksi di Media Sosial

RADAR SUKABUMI – Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Nobar dengan peserta berasal dari Wali Murid siswa. Hal ini dilaksanakan oleh Kemenkominfo untuk meningkatkan pemahaman mengenai hal-hal positif dalam berinteraksi di Media Sosial.

Kegiatan berbasis online yang diselenggarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Pemerintah Kota Sukabumi ini, dilaksanakan dalam bentuk Nobar untuk segmen Komunitas dengan tema “Bijak Berinteraksi di Media Sosial,” pada 29 April 2024 pukul 08.00-12.00 di Gedung Harsa kota Sukabumi dan sekolah masing-masing.

Bacaan Lainnya

K3S SD Kecamatan Lembursitu Sukabumi Helat Talenta Peserta DidikIni Kata Kadisdik Kota Sukabumi Soal Ganti SeragamEror, OSN SD tingkat Kota Sukabumi Diulang

Kegiatan yang dilakukan secara offline dan online ini akan diikuti oleh puluhan ribu peserta se-Kota Sukabumi dengan fokus materi terkait Etika dan Cakap digital, aman serta budaya digital.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin.

Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas.

Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022).

Sedangkan indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan. Seperti keterbiasaan mencari tahu apakah informasi yang ditemukan di website benar atau salah naik dari 3,05 (tahun 2021) menjadi 3,25 (pada 2022).

Walaupun secara umum terdapat kenaikan indikator, namun pengetahuan responden mengenai perangkat keras dan lunak mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Pengetahuan perangkat keras mengalami sedikit penurunan dari 49% menjawab benar, menjadi 42% menjawab benar. Begitu juga pengetahuan tentang perangkat lunak yang mengalami penurunan dari 48% menjawab benar, menjadi 45% menjawab benar.

Kegiatan Literasi Digital Segmen Komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Kegiatan nonton bareng ini akan dibuka oleh Drs. Kusmana Hartadji., MM selaku Pj. Wali Kota Sukabumi dan diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya. Materi Etika dan Cakap Digital akan dibawakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi yaitu Punjul Saepul Hayat S.STP., M.Si.

Selain itu, materi Aman di dunia digital akan diisi oleh La Rane Hafied selaku Co-Founder & Direktur PT. Paberik Soera Rakjat dan materi budaya digital akan dibawakan oleh Ananda Saadatul Maulidia selaku Dosen & Relawan Mafindo.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah puluhan ribu yang terbagi menjadi peserta offline dan online. Peserta Offline sendiri merupakan peserta yang hadir langsung untuk melakukan nonton bareng di Gedung Harsa sebagai lokasi utama, sementara untuk peserta online merupakan wali murid yang menonton dari sekolah tempat anak-anaknya masing-masing .

Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *