Sinyal Koalisi PKS dan PDIP Kabupaten Sukabumi Jelang Pilkada 2024

SUKABUMI – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, sejumlah partai politik mulai melakukan lobi-lobi dan komunikasi politik antar partai. Satu di antaranya yang tengah dilakukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Sukabumi.

Partai dibawah pimpinan Megawati Soekarno Putri ini menyambangi markas DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jalan Gelanggang Olahraga (GOR) Kecamatan Cisaat, Kamis (25/04). Kedatangannya itu, disambut baik oleh para pengurus DPD PKS Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kaesang Pangarep Diminta Jadi Bupati SukabumiPAN dan PKS Kabupaten Sukabumi Makin LengketKetua APDESI Sukabumi dan Politisi Golkar Resmi Daftar ke Demokrat

Pertemuan dua elit politik ini merupakan sinyal koalisi pada Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi yang bakal dihelat pada bulan September mendatang.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Amran Munawar Lutfi mengaku bersyukur telah kedatangan rombongan dari DPC PDI Perjuangan. Selain silaturahmi ini salah satu penjajakan koalisi jelang Pilkada 2024.

“Selain silaturahim kita juga melakukan penjajakan terkait koalisi PKS dan PDIP di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. Tentunya kita sepakati dulu koalisi, kalau terkait calon akan dibicarakan lebih lanjut,” ujar Amran kepada wartawan.

Amran mengaku sejauh ini penjajakan politik DPD PKS tidak hanya dengan PDI P saja tapi juga dengan sejumlah parpol lainnya dan para bakal calon (Balon) Bupati maupun Wakil Bupati Sukabumi.

“Komunikasi politik sudah dijalin dengan beberapa partai, PDIP hari ini, ada juga dengan PAN, Demokrat, dan PKB. Dengan calon juga selain internal ada yang telah komunikasi dengan PKS seperti Habib Mulki, Rastya dan lain lain,” ungkap Amran.

Di sisi lain, DPD PKS juga telah mengantongi sejumlah nama bakal calon yang diusung di Pilkada 2024 nanti. Meskipun semua belum definitif.

“Kalau secara definitif belum, namun secara penjaringan datanya telah direkomendasikan ke pusat jadi tinggal tunggu pusat berikan ke pada siapa, untuk saat ini kita utamakan koalisi dulu dengan partai politik,” jelasnya

Sementara itu, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, Dodi Suhendar menambahkan, pertemuan dengan DPD PKS ini silaturahmi dan penjajakan koalisi Pilkada.

” Hasil pertemuannya dan respon dari kedua belah sangat positif dan sangat antusias untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius serta masiv. Adapun soal bakal calon yang bakal diusung nanti akan dibicarakan lebih lanjut,” ujar Dodi melalui pesan whatsapp.

Ia mengku selain dengan DPD PKS rencana akan melakukan penjajakan koalisi dengan sejumlah parpol yang sudah intens berkomunikasi.

“Selama ini sudah ada komunikasi intens dengan PAN, Demokrat, dan PPP. Kita sudah menyusun jadwal dengan partai tersebut dan menunggu waktu yang tepat dengan partai lainnya untuk menjadwalkan pertemuan,” pungkasnya. (ris)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *