Mitigasi Bencana, DPUTR Kota Sukabumi Pangkas 40 Pohon

SUKABUMI — Sepanjang Januari hingga 24 April 2024, Tim Siap Jaga Laksanakan Dua Puluh Empat Jam (Sigalak Tajam) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, melakukan pemangkasan sekitar 40 pohon. Hal itu, dilakukan sebagai salah satu upaya mitigasi bencana alam khususnya saat musim hujan berlangsung.

Kasi Pertamanan DPUTR Kota Sukabumi, Fajar Rahmansyah menjelaskan, pemangkasan pohon dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.

Bacaan Lainnya

Antisipasi Banjir, DPUTR Kota Sukabumi Tinjau Talang di CiaulPemerintah Kota Sukabumi Targetkan 29 Ruas Jalan Mulus Pada Tahun 2024Jalan Penghubung Gang Kobra Sukabumi Mirip Sungai Kering

“Kebanyakan pemangkasan pohon dilakukan dari mulai Degung sampai Bencang dan belokan Kramat. Jumlahnya sampai saat ini sekutar 40 pohon lebih sudah dilakukan pemangkasan,” kata Fajar kepada Radar Sukabumi, Kamis (25/4).

Fajar menerangkan, pohon yang dipangkas ini dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti kondisi pohon yang sudah tua atau pohon rindang yang dapat berpotensi tumbang saat diterpa hujan dan angin.

“Pemangkasan pohon ini dilakukan secara hati-hati dan dengan memperhatikan faktor keselamatan, baik bagi tim yang melakukan pemangkasan maupun bagi warga sekitar,” ujarnya.

Selain itu, pemangkasan pohon juga dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan guna meminimalkan risiko terhadap lingkungan sekitar.

“Kami siap untuk terus menjaga dan melaksanakan tugasnya dengan baik, termasuk dalam hal pemangkasan pohon untuk mitigasi bencana alam,” cetusnya.

Pihaknya, berkomitmen untuk terus bekerja keras demi kenyamanan dan keselamatan warga serta menjaga keindahan lingkungan Kota Sukabumi.

“Diharapkan dengan adanya pemangkasan pohon ini, potensi risiko bencana alam dapat dikurangi, sehingga warga dapat merasa lebih aman dan tenteram saat musim hujan tiba,” pungkasnya. (Bam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *