Diduga Pungli Pencaker, Manageman PT GSI Cikembar Diperiksa Saber Pungli

SUKABUMI – Aksi demonstrasi yang dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam wadah Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) di bunderan pintu masuk PT GSI Cikembar, di ruas Jalan Raya Pelabuhan II, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, telah menyita perhatian semua kalangan pada Kamis (25/04).

Bagaimana tidak, aksi warga yang mendesak pemerintah untuk memberantas aksi pungli terhadap pencari kerja di perusahaan tersebut, telah membuat resah warga sekitar.

Bacaan Lainnya

Demo PT GSI, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II CikembarRatusan Warga Sukabumi Geruduk PT GSI Cikembar, Marak PungliSepi Gerakan, Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Dikumpulkan 

Anggota Terpilih DPRD Kabupaten Sukabumi Dapil III, Ferry Supriyadi mengatakan, aksi demonstrasi ini terjadi karena buntut dari kekecewaan masyarakat terhadap sistem rekrutmen yang berlaku di PT GSI Cikembar. Terlebih pada Perda Provinsi Jawa Barat, tentang penempatan tenaga kerja menjelaskan, bahwa penempatan tenaga kerja di perusahaan wajib memprioritaskan warga sekitar atau warga terdampak.

“Nah, sampai saat ini warga sekitar sini masih banyak yang ingin bekerja di perusahaan tersebut dan hanya di tes dan dites saja, tapi tidak mulai bekerja, padahal rekrutan terus-terusan berjalan,” jelasnya.

Kondisi ini, telah menimbulkan kekecewaan dari masyarakat. Sehingga, terjadilah aksi spontanitas seperti aksi demonstrasi saat ini. “Alasan paling mendasar, saya ikut turun langsung dalam aksi ini, satu sebagai warga masyarakat yang mempuyai rasa keprihatinan terhadal situasi yang terjadi di PT GSI ini, jadi ketika perusahaan ada di Desa Bojongraharja ini, warga Bojongraharja tidak mendapatkan hak untuk bekerja dengan baik,” imbuhnya.

“Iya, dalam artian tidak diakomodir dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku. Padahal diaturannya kan sudah jelas, harusnya pihak perusahaan mengikuti aturan tersebut,” bebernya.

Ketika disinggung mengenai maraknya issu pugli terhadap para pencari kerja ke PT GSI Cikembar. Ferry menjawab, bahwa ia telah mendapatkan informasi dari Tim Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, bahwa perkaranya kini tengah ditangani oleh Polres Sukabumi.

“Untuk issu pungli itu sendiri, saya melihat dan mendengar dari Saber Pungli Polres Sukabumi, yang saya tau sedang ada pemanggilan terhadap beberapa oknum yang diduga refresentasi dari management PT GSI itu sendiri,” bebernya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *