Disporapar Kota Sukabumi Selenggarakan Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi Pariwisata

SUKABUMI – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi menyelenggarakan Pelatihan Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Pariwisata di Hotel Horison pada hari Selasa, 23 April 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji.

Bacaan Lainnya

Bukber, KORMI Kota Sukabumi Perkuat Soliditas Jelang ForprovDisporapar Kota Sukabumi Gelar Diskusi Terbuka, Sinergitas Program Pemerintah Melalui FPDStadion Suryakencana Kota Sukabumi Tak Terurus, Tribun Penonton Ditumbuhi Rumput Liar

Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam menghadirkan pengalaman wisata yang aman bagi pengunjung. Hal ini disampaikan oleh Hardi Kusuma, panitia penyelenggara pelatihan, dalam laporannya.

Ia menjelaskan bahwa pengelola pariwisata harus mengetahui risiko keamanan dan keselamatan di destinasi wisata bagi pengunjung.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengelola destinasi pariwisata dalam menghadirkan pengalaman wisata yang aman bagi pengunjung. Para peserta akan mendapatkan materi tentang berbagai aspek keamanan dan keselamatan di destinasi wisata, seperti:

Perencanaan dan pengelolaan risiko keamanan dan keselamatan
Penanggulangan keadaan darurat
Pertolongan pertama pada kecelakaan
Keamanan dan keselamatan di berbagai jenis destinasi wisata

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor penting di Kota Sukabumi dan perlu dijaga keamanan dan keselamatannya.

” Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam meningkatkan kualitas pelayanan di destinasi pariwisata Kota Sukabumi,” Kata Kusmana Hartadji.

Ia juga berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan menerapkannya di tempat wisata masing-masing.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret untuk mewujudkan Kota Sukabumi sebagai destinasi wisata yang aman dan nyaman bagi pengunjung,” lanjutnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi menambahkan bahwa pelatihan dari anggaran DAK Nonfisik ini menjadi bukti nyata kehadiran pemerintah dalam upaya pengembangan pariwisata di Kota Sukabumi.

“Pariwisata menjadi kata kunci untuk Kota Sukabumi. Potensi alam yang ada seperti air panas Cikundul harus dimaksimalkan pengelolaannya,” pungkasnya. ***

Penulis: Humas Pemkot Sukabumi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *