Halving Bitcoin yang Dinanti-nantikan Terjadi

JAKARTA – Peristiwa Halving Bitcoin yang langka telah terjadi. Menurut perusahaan analisis crypto CoinGecko, peristiwa ini memangkas jumlah Bitcoin baru yang memasuki pasar dengan memotong imbalan yang diperoleh penambang Bitcoin sebesar 50%.

Dikutip dari Sky News, peristiwa ini berlangsung kira-kira setiap empat tahun. Program ini dirancang untuk membatasi pasokan sebesar 21 juta pada tahun 2140.

Bacaan Lainnya

Cara Mulai Trading Bitcoin Bagi Pemula

Artinya, sekarang hanya 450 Bitcoin yang akan dibuat setiap hari. Halving juga terjadi pada tahun 2012, 2016, dan 2020 – dan mekanismenya ditulis ke dalam kode Bitcoin saat pertama kali dibuat.

Harga cryptocurrency tetap stabil di $63,747 (£51,531) setelah halving, dan analis mengatakan peristiwa yang diantisipasi sudah diperhitungkan.

Investor berharap kenaikan besar tidak akan terjadi dalam waktu dekat, setelah halving sebelumnya akhirnya menghasilkan keuntungan yang signifikan. Harga pada halving bulan Mei 2020 adalah sekitar $8.600, namun setahun kemudian melonjak menjadi lebih dari $56.000.

Andrew O’Neill, pakar kripto di S&P Global, mengatakan dia “agak skeptis terhadap pelajaran yang bisa diambil dalam hal prediksi harga dari halving sebelumnya”.

“Ini hanya satu faktor dari sekian banyak faktor yang dapat mendorong harga,” kata O’Neill.

Bitcoin mencapai level tertinggi baru $73,803 (£59,661) pada bulan Maret setelah naik 175% selama 12 bulan sebelumnya.

Ia juga menerima peningkatan legitimasi pada bulan Januari ketika dana (ETF) yang memegang Bitcoin diizinkan untuk diperdagangkan di bursa saham AS.

Industri keuangan arus utama secara tradisional memandang Bitcoin sebagai risiko yang sangat tinggi dan rentan terhadap perubahan harga yang tidak terduga dan dramatis.

Gubernur Bank of England Andrew Bailey memperingatkan pada tahun 2021 bahwa cryptocurrency “tidak memiliki nilai intrinsik” dan investor harus “siap kehilangan semua uang Anda”.

Dia juga mengatakan kepada anggota parlemen pada bulan Januari bahwa crypto “sangat tidak efisien” dan masih “belum menjadi layanan keuangan inti”.

Lebih dari 19,5 juta Bitcoin kini telah ditambang, sehingga hanya menyisakan 1,5 juta yang dapat ditambang selama 116 tahun ke depan. Halving terjadi setiap 210.000 “blok” – yang biasanya terjadi setiap empat tahun sekali. (jpg)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *