BPBD Kota Sukabumi Pelototi Daerah Rawan Longsor

CIBEUREUM — Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, kembali melakukan peninjauan lokasi pasca bencana longsor di di Jalan Ciandam Rt3/RW7, Kelurahan Cibereumhilir, Kecamatan Cibereum, Minggu (21/4).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Suhendar menjelaskan, bencana alam longsor ini terjadi pada Maret 2024 lalu.

Bacaan Lainnya

Cuaca Ekstrim di Kota Sukabumi, Pohon Tumbang MendominasiBPBD Kota Sukabumi Evakuasi Pohon Tumbang di GunungpuyuhUlar Piton 3 Meter Gegerkan Warga Jayamekar Sukabumi

Namun, untuk memastikan tidak adanya potensi bencana susulan Satgas Penanggulangan Bencana daat ini kembali melakukan patroli dan pemantauan wilayah diantaranya ke daerah yang pernah terjadi bencana tanah amblas.

“Kegiatan ini untuk memastikan tidak adanya potensi bencana susulan,” jelas Suhendar kepada wartawan, Minggu (21/4).

Sejauh ini, lanjut Suhendar, BPBD Kota Sukabumi sudah melakukan penanganan pencegahan dengan memasang pagar bambau untuk menahan tanah sementara waktu. “Selain itu, kami juga sudah memasang bener himbauan agar warga dapat lebih waspada,” paparnya.

Menurutnya, petugas juga memberikan sosialisasi kepada warga sekitar tentang bahaya longsor dan bagaimana cara menghadapinya.

“Seluruh langkah ini dilakukan guna meminimalkan kerugian akibat bencana longsor serta melindungi keselamatan warga di sekitar lokasi bencana,” cetusnya.

Ia menambahkan, BPBD akan terus melakukan pemantauan dan patroli di berbagai titik rawan bencana di Kota Sukabumi untuk memastikan kesiapsiagaan dan keselamatan masyarakat.

Warga diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bencana alam serta segera melaporkan setiap informasi terkait bencana kepada pihak terkait.

“Semoga dengan langkah preventif yang telah dilakukan, dapat mengurangi risiko serta dampak yang ditimbulkan dari bencana longsor,” pungkasnya. (Bam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *