Sukseskan Pilkada, Disdukcapil Kota Sukabumi Sasar 4 Ribu Pemilih Baru

SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi kembali menggencarkan program perekaman KTP-El untuk pelajar yang baru memasuki usia 17 tahun. Langkah itu dilakukan untuk menyukseskan gelaran pilkada pada November 2024 mendatang.

”Kami mengejar perekaman untuk anak-anak yang masuk usia 17 tahun, da- lam menghadapi pilkada baik pemilihan walikota Sukabumi dan gubernur Jabar pada November 2024 mendatang,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Disdukcapil Kota Sukabumi Gelar Pelayanan SerentakDisdukcapil Kota Sukabumi Gulirkan Layanan 9 to 9Jelang Pemilu, Disdukcapil Kota Sukabumi Sasar Perekaman E-KTP Pemula

Diungkapkan Kardina, target perekaman KTP-El untuk pelajar tersebut sebanyak 4 ribu orang hingga November 2024, mendatang.

Adapun strategi dalam pencapaiannya dengan masuk ke sekolah-sekolah, kelurahan, dan kecamatan. Cara ini dilakukan agar lebih dekat kepada sasaran dan anak usia 17 tahun melakukan perekaman KTP-El.

Kardina menuturkan, upaya perekaman juga dilakukan di kantor Disdukcapil. Selain itu kini bisa dilakukan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sukabumi.

Di sisi lain lanjut Kardina, Disdukcapil juga menggencarkan aktiviasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Sebab, ke deoan warga akan lebih mudah dan praktis serta lebih diterima di pengguna layanan dengan IKD.

”Kalau ada di HP tinggal dilihatkan saja (dokumennya-red),” ungkap Kardina.

Ia menuturkan, target aktivasi IKD sebesar 30 persen dan kini baru tercapai sekitar 18 persen.

Sementara dari jumlah penduduk capaian IKD baru 5,6 persen. ” Kendalanya, kemarin banyak mau aktivasi IKD, tapi HP warga tidak support,” jelasnya.

Selain itu masih ada warga yang merasa belum penting karena tidak aman. Padahal lebih aman karena yang memegang IKD adalah warga sendiri dan tidak ada kebocoran apapun. (why)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *