Kapolresta Sukabumi, Imbau Wisatawan Situ Gunung Waspadai Aksi Tindak Pidana

SUKABUMI – Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo, mengimbau kepada seluruh para wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, untuk menjaga keselamatan selama liburan di kawasan wisata tersebut.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Polres Sukabumi Kota juga telah menerjunkan puluhan personel untuk berjaga di setiap pos atau lokasi pintu masuk yang ada di kawasan wisata tersebut.

Bacaan Lainnya

Kapolres Sukabumi Kota Blusukan Pantau PAS BUKAWarga Sukabumi Masih Mengeluhkan Penggunaan Knalpot BrongKapolres Sukabumi Kota Geruduk Gudang PPK

“Selama libur panjang lebaran ini, Polres Sukabumi Kota meletakkan personel di jalur wisata dan tempat wisata,” kata Ari kepada Radar Sukabumi pada Minggu (14/04).

Hal tersebut, sengaja dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) dan kecelakaan. “Alhamdulilah, sepanjang pemantauan kita di tempat wisata, baik di Kadudampit maupun Goalpara masih relatif normal. Lalulintas berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” paparnya.

Menurut Ari, kerawanan kejahatan di tempat wisata harus diantisipasi. Termasuk oleh diri sendiri yang harus berjaga supaya tidak menjadi korban tindak pidana.

Untuk itu, saat ia bersama jajaranya melakukan pengecekan, pihak Kepolisian telah memanfaatkan momentum tersebut untuk memberikan himbauan dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga keselamatan maupun barangnya masing-masing. “Iya, agar tidak menjadi korban suatu tindak pidana, baik itu copet dan lain sebagainya,” bebernya.

Bukan hanya itu, sambung Ari, di kawasan destinasi wisata alam Situ Gunung, Polres Sukabumi Kota telah membuka pos pemantauan untuk mencegah terjadinya kecelakaan wisatawan tenggelam seperti yang terjadi pada beberapa tahun lalu.

“Iya, pada tahun 2022 lalu itu, sempat terjadi kecelakaan, maka kami telah menyiapkan pos pengamanan khusus yang diisi oleh petugas gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Kecamatan dan BPBD yang dilengkapi dengan berbagai peralatan keselamatan, seperti pelampung maupun perahu. Apabila suatu saat dibutuhkan pertolongan, maka akan terlaksana dengan cepat dan efisien,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, untuk menciptakan keamanan dan ketertiban selama liburan panjang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, ia meminta kepada seluruh masyarakat, khususnya para wisatawan, untuk bersama-sama mewujudkan kondusifitas kamtibmas selama masa libur lebaran tahun ini.

“Jadi, jika ada warga yang mengetahui atau melihat suatu gangguan kamtibmas, dapat melaporkannya kepada pihak kepolisian terdekat atau melalui call center 110 dan Lapor pak Polisi-SIAP MAS di 0811654110. Tentu, kami akan siap membantu dan melayani masyarakat, demi terciptanya kamtibmas di masa liburan panjang lebaran Idul Fitri,” pungkasnya. (Den)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *