Negara Israel Ngaku Siap Serang Wilayah Lain, Termasuk Iran

JAKARTAIsrael tampaknya tidak puas hanya dengan menyerang Gaza dan kini bersiap untuk memperluas invasi militernya ke wilayah lain. Niatan Israel tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Reuters pada Jumat (12/4).

Kesiapan Israel untuk menyerang wilayah lain selain Gaza muncul di tengah kekhawatiran bahwa Iran sedang bersiap untuk menyerang Tel Aviv sebagai tanggapan atas pembunuhan komandan senior Teheran.

Bacaan Lainnya

Iran dan Uzbekistan Dinyatakan lolos ke ronde Ketiga Kualifikasi Piala DuniaMuhammad Abu Hweidy Wartawan ke 100 yang Tewas di GazaBantuan Kemanusiaan, Kapal Rumah Sakit TNI AL Siap Bertolak ke Gaza

“Siapapun yang merugikan kami, kami akan merugikan mereka. Kami siap memenuhi semua kebutuhan keamanan Negara Israel, baik secara defensif maupun ofensif,” tegas Netanyahu.

Israel telah bersiap menghadapi kemungkinan pembalasan Iran atas pembunuhan seorang jenderal senior dan enam perwira Iran lainnya dalam serangan udara di kompleks kedutaan Iran di Damaskus, Suriah 1 April lalu.

Hingga kini Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Tetapi pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei kembali menegaskan bahwa negaranya akan menuntut balas kepada pelaku serangan di Suriah.

Sementara itu, serangan Israel di Jalur Gaza semakin masif. Kementerian Kesehatan setempat melaporkan bahwa serangan udara Israel menewaskan 63 warga Palestina dan melukai 45 lainnya dalam 24 jam terakhir.(*)

Penulis: RMOL

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *