Truk Besar Bandel Melintas di Jalur Mudik, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi: Seharusnya Dilarang

SUKABUMI – Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara merespons perihal banyaknya truk sumbu 3 atau kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di ruas jalan Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitaran Kecamatan Cicurug pada arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Ya, memang seharusnya itu kan sudah dilarang, H min hingga H plus sekian itu, sudah tidak boleh ada beroperasi lagi. Tapi, faktanya di lapangan masih saja ada laporan kendaraan truk besar yang melintasi di jalur mudik,” kata Yudha kepada Radar Sukabumi pada Senin (08/04).

Untuk itu, dia selaku Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi akan mencoba melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Seperti Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dan juga Polres Sukabumi, untuk merespon keluhan warga dan para pemudik terkait truk besar yang masih beroperasi di jalur mudik.

“Iya, nanti kita akan koordinasikan perosoan ini, untuk menindak hal mengenai itu,” tandasnya.

Menurutnya, larangan truk besar bersumbu 3 tidak boleh beroperasi atau melintasi jalur mudik pada liburan panjang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi ini, telah teruang berdasarkan Surat Edaran Surat Kesepakatan Bersama atau SKB 3 kementrian. Yakni Dinas Perhubungan Darat, Korlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga.

“Karena memang sudah ada keputusan pertama di Forkopimda, untuk menyetop daripada kegiatan truk-truk besar pada masa mau lebaran dan setelah lebaran,” timpalnya.

“Iya, karena ini kemungkinan akan terjadi kemacetan panjang dikarenakan kemarin juga di Jalan Tol Bocimi Seksi II, kan ada sedikit longsor. Nah, kebijakan ini mungkin salah satu cara untuk mengurai kemacetan,” bebernya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada para pemudik Sukabumi untuk tetap berhari-hati, dan ia mendoakan agar mereka selamat sampai tujuan dan aktivitas di tempat mudiknya selamat.

“Apabila terjadi kemacetan, kita harus saling bersabar, tujuan kita adalah pulang ke kampung halaman, dan juga semoga apa yang kita harapkan bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada aparat-aparat yang bertugas dilapangan, terutama kepada satgas-satgas arus mudik dan arus balik.

“Saya ucapkan terimakasih atas kerjasama dan kinerja meraka yang selalu menjaga dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Tentunya kepada masyarakat yang mau mudik dan nanti yang mau balik ke daerah tempatnya kembali, selamat mudik, selamat lebaran dan minal aidzin walfaidin l, mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya. (Den)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *