Skenario Tol Bocimi Seksi II Dibuka Secara Fungsional, PUPR : Jalur B Memungkinkan

SUKABUMI — Skenario Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak dengan ruas exit Tol Parungkuda Dibuka Secara Fungsional masih terus diupayakan.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat meninjau penanganan darurat Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM 64+600 A yang mengalami longsor pada Rabu malam lalu (3/5/2024).

Bacaan Lainnya

Tol Bocimi Seksi II Longsor, Jalan-jalan Tikus di Sukabumi Diperbaiki, Cek RutenyaOtak Atik Tol Bocimi Agar Bisa Digunakan Mudik, Keamanan Jalur B Jadi KunciPerbaikan Tol Bocimi Dilakukan Usai Lebaran, PUPR : Ada Opsi Buka Tutup, Tapi..

Menteri Basuki mengatakan bahwa penanganan sementara telah mulai dilakukan dengan pemasangan tiang pancang (sheet pile) untuk memperkuat bagian timbunan jembatan yang longsor.

“Untuk penanganan sementara dalam tiga hari ini akan dipasang sheet pile dan ditutup terpal agar terlindungi dari hujan. Kemudian, Senin (8/5/2024) nanti kita akan monitor kembali dan tes beban. Kami akan upayakan jalur B tetap dapat digunakan satu arah bagi kendaraan kecil untuk kelancaran mudik Lebaran 2024,” kata Menteri Basuki.

Ditambahkan Menteri Basuki, penggunaan jalur B searah diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan arus kendaraan dari Jakarta – Ciawi ke Cigombong hingga ke Parungkuda/Cibadak. “Nanti teknis pelaksanaannya akan dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian. Begitu juga untuk arus balik akan dibuka lanjur ke arah Jakarta. Kami juga masih bebaskan tarif tolnya dari Cigombong ke Parungkuda/Cibadak dan sebaliknya,” kata Menteri Basuki.

Selanjutnya untuk penanganan permanen, Menteri Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024. “Penanganan permanen akan kita upayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan,” ujar Menteri Basuki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *