PT Jamkrindo Beri Santunan Anak Yatim di Kampus UMMI

SUKABUMI— Di bulan suci Ramadan tahun 2024 PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) memberikan santunan sekaligus buka bersama 100 anak yatim pada, Kamis (28/3/2024) di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Kegiatan yang bertemakan Syiar Ramadan tersebut merupakan rangkaian kerjasama PT. Jamkrindo dengan UMMI dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di UMMI.

Selain memberikan santunan, acara tersebut juga dibarengi dengan kuliah umum tentang Literasi Jaminan dari PT. Jamkrindo. Direktur Kelembagaan dan layanan PT. Jamkrindo Abdul Bari menyampaikan dalam pemaparan yang mendalam mengenai konsep dasar penjaminan kredit, manfaat bagi pelaku usaha kecil dan menengah, serta strategi pengembangan usaha melalui akses ke layanan penjaminan.

Bacaan Lainnya

Gandeng JAMKRINDO, Mahasiswa UMMI Digembleng Literasi KeuanganPuluhan Anak Yatim di Desa Ridogalih Sukabumi Dapat Santunan, Ini Kata Kades dan CamatBaznas Kota Sukabumi Salurkan Santunan Kepada 1651 Orang Yatim Piatu dan Lansia, Selama Bulan Muharam

Selain itu ia juga menyampaikan tentang pemahaman dan pengetahuan yang diperlukan terkait dengan konsep dan mekanisme penjaminan kredit yang disediakan oleh lembaga seperti PT. Jamkrindo.

“Literasi ini penting bagi berbagai pihak, mulai dari pelaku usaha kecil dan menengah hingga lembaga keuangan dan masyarakat umum, agar dapat memanfaatkan layanan penjaminan dengan optimal,” terangnya.

Dikatakannya, Jamkrindo aktif dalam memberikan edukasi dan literasi keuangan kepada UMKM, termasuk materi mengenai manfaat penjaminan kredit, cara mengelola keuangan dengan baik, dan strategi pengembangan usaha. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapabilitas manajerial UMKM dalam mengelola keuangannya. Beliau juga tak lupa menyampaikan bahwa melalui penjaminan kredit, Jamkrindo membantu memperluas akses keuangan bagi UMKM yang seringkali kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena minimnya jaminan atau riwayat kredit yang kurang memadai.

Sementara itu, Rektor UMMI Reny Sukmawani menyambut baik adanya kolaborasi yang terjalin bersama-sama PT. Jamkrindo tersebut. Menurutnya kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen UMMI dalam mengembangkan potensi akademis, sosial, dan keagamaan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan beriman.

Adapun kolaborasi UMMI bersama Jamkrindo terjalin cukup lama, bukan hanya bekerjasama memberikan santunan juga ada beberapa kerjasama kolaborasi lainnya seperti kerjasama beasiswa, pembuatan laboratorium, hibah mobil dan pemberdayaan UMKM.

“Alhamdulilah awal itu kita kerjasama untuk program beasiswa di penerimaan mahasiswa baru 2024, kita mengajukan proposal dan di setujui dari kolaborasi beasiswa tersebut terus berkembang seperti pembangunan lab, bantuan satu unit mobil siaga, pemberdayaan UMKM hingga ini terakhir kemari pemberian santunan kepada 100 anak yatim yang tersebar dari kota dan kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Dikatakan Reny berawal dari niat baik bersilatuirahmi untuk mencari beasiswa beasiswa kemitraan untuk masyarakat kurang mampu kini kolaborasi tersebut memiliki banyak peluang untuk mengakses kerjasama lainnya.
Reny berharap melalui kerjasama tersebut mampu memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan umat. (wdy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *