3 Fakta Panel Pesawat Boeing di AS Lepas Saat Terbang

Oregon

Panel atau bagian permukaan pesawat Boeing United Airlines lepas saat terbang. Hilangnya panel itu baru diketahui setelah pesawat mendarat di Oregon, Amerika Serikat (AS).

Berikut tiga fakta terkait panel pesawat Boeing lepas saat terbang:

Panel Lepas Baru Diketahui Usai Dicek Petugas di Darat

Inspeksi pasca-penerbangan di AS menemukan ada panel yang hilang pada pesawat seri Boeing 737-800 yang baru saja mendarat di Oregon pada Jumat (15/3/2024) waktu setempat. Dilansir Associated Press, pesawat yang kehilangan salah satu panelnya itu dioperasikan oleh maskapai United Airlines dengan nomor penerbangan 433 dengan rute San Francisco-Oregon.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan situs pelacak penerbangan FlightAware, pesawat tersebut lepas landas dari San Francisco pada Jumat (15/3) pagi, sekitar pukul 10.20 waktu setempat. Pesawat mendarat di Bandara Internasional Medford Rogue Valley di Medford sesaat sebelum tengah hari.

Direktur bandara tersebut, Amber Judd, mengatakan pesawat mendarat dengan selamat tanpa insiden apa pun. Panel eksternal itu ditemukan hilang selama pemeriksaan pasca-penerbangan.

“Setelah pesawat diparkir di gate, ditemukan panel eksternalnya hilang,” sebut juru bicara United Airlines.

Panel Terletak di Tempat Pertemuan Sayap dan Bodi

Dilansir CNN dan Associated Press, Minggu (17/3/2024), Juru Bicara United Leslie Scott mengatakan panel yang hilang berada di sisi bawah badan pesawat. Panel itu harusnya menutupi tempat sayap dan bodi utama pesawat bertemu.

Panel itu terletak tepat di sebelah roda pendaratan. Pesawat tersebut berasal dari seri Boeing 737-800. Ini adalah pesawat generasi lama, bukan pesawat 737 Max terbaru yang baru-baru ini menjadi berita utama.

FAA menyebut pesawat tersebut melakukan penerbangan pertamanya pada bulan April 1998 dan dikirim ke Continental Airlines pada bulan Desember tahun itu. United Airlines kemudian mengoperasikannya sejak 30 November 2011. Pesawat ini berjenis 737-824 yang merupakan bagian dari seri 737-800.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *