PT SCG Boyong Penghargaan dari PRIA 2024 di Bali

SUKABUMI – PT SCG meraih penghargaan Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024 pada acara penganugerahan yang digelar di Denpasar, Bali pada 7 Maret 2024 lalu.

Penghargaan PRIA 2024 diberikan untuk dua program pemberdayaan masyarakat unggulan SCG, yakni Beasiswa SCG Sharing the Dream dan SCG Gesari (Gerakan Desa Berdikari), pada kategori Program Komunikasi CSR dan sub-kategori Community-based Development.

Bacaan Lainnya

Tingkatkan Potensi Desa, SCG Gencarkan Program Akademi GesariHasil Riset Sebut Sampah Plastik Air Mineral Kotori Kota dari Medan hingga BaliGanjar Pranowo Pemimpin yang Mau Mendengar, Kata Warga Bali

Apresiasi berskala nasional ini mengukuhkan komitmen SCG dalam membangun kesejahteraan komunitas di area operasinya dengan membuka akses ke pendidikan inklusif melalui penyaluran beasiswa serta lapangan pekerjaan melalui pengembangan potensi UMKM desa, sejalan dengan prinsip ESG 4 Plus yang dipegang perusahaan dalam menjalankan operasinya.

PR INDONESIA Awards 2024, merupakan kompetisi yang menilai kinerja kehumasan atau PR di Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi, Lembaga, Kementerian, dan Perguruan Tinggi.

Kompetisi ini menjadi ajang yang komprehensif sekaligus barometer bagi perusahaan dalam menjalankan program dan pencapaian PR terbaik selama tahun 2023. Seluruh karya yang diikutsertakan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari pakar, akademis, praktisi senior, konsultan, tokoh asosiasi/organisasi, tokoh media, fotografer senior, pakar desain dan branding, dan pakar media sosial.

Country Director SCG di Indonesia, Warit Jintanawan megatakan, ia dari SCG mengucapkan banyak terimakasih atas pengakuan yang diberikan Public Relations Indonesia Awards tahun ini. “Penghargaan ini, bukan hanya sebuah pencapaian, melainkan menjadi inspirasi dan motivasi kami untuk terus berkomitmen dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi dan sosial di Indonesia, sejalan dengan komitmen ESG 4 Plus yang menjadi landasan operasi kami di SCG,” kata Warit kepada Radar Sukabumi melalui press releasnya pada Jumat (15/03).

Komitmen ini, sambung Warit, tidak akan terwujud tanpa adanya dedikasi dari karyawan dan tim SCG dari semua unit bisnis yang telah berkontribusi mendorong keberlanjutan kedua program tersebut. “Kami akan terus berinovasi dan berkolaborasi demi menciptakan perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan, tidak hanya melalui kedua program ini, tapi juga program dan inisiasi lainnya,” bebernya.

SCG berhasil meraih dua penghargaan pada peringkat Bronze di bawah kategori Program Komunikasi CSR dan sub kategori Community-based Development untuk dua program unggulannya, yakni Beasiswa SCG Sharing the Dream dan SCG Gesari (Gerakan Desa Berdikari).

SCG Sharing the Dream merupakan program beasiswa SCG yang telah menyalurkan dana pendidikan dan pelatihan pengembangan diri kepada sekitar 4.050 pelajar Indonesia sejak 2012.

Tahun 2023, beasiswa ini diberikan kepada 427 pelajar Indonesia, terdiri dari 417 siswa SMA/sederajat dan 10 mahasiswa. Dengan total dana teralokasi mencapai Rp19.000.000.000, beasiswa dan program pengembangan diri diberikan kepada pelajar SMA dan Strata-1 yang berdomisili di area operasi SCG, yakni Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Karawang, Sukabumi, Lebak, Bekasi, dan Gresik. Selain itu, SCG juga mengimplementasikan proyek-proyek komunitas terpilih gagasan penerima beasiswa.

Sementara itu, SCG Gesari (Gerakan Desa Berdikari), yang adalah program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat gagasan SCG melalui anak-anak perusahaannya di Sukabumi, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, telah mendukung lebih dari 78 UMKM desa sejak 2019. Program SCG Gesari sejalan dengan prioritas pembangunan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menargetkan pertumbuhan ekonomi berbasis peningkatan kapasitas UMKM, petani, nelayan, dan budidaya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer PR INDONESIA Group, Asmono Wikan, menjelaskan, bahwa tahun ini ia telah mengusung satu tema yang sangat penting, yaitu “Komunikasi yang Menginspirasi Peradaban”.

“Baik buruknya peradaban sebuah bangsa dipengaruhi oleh komunikasi,” jelasnya.

Di era yang semakin kompleks, komunikasi mampu menavigasi korporasi untuk mencapai tujuan kehidupan yang lebih baik. “Oleh karena itu, kita harus turut bergerak dalam mengelola dan menjaga aktivitas komunikasi strategis untuk menyumbang tumbuhnya peradaban bangsa yang lebih baik dari waktu ke waktu,” pungkasnya. (den/d)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *