BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Keresidenan Pati

Lingkarjateng.id Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah Jawa Tengah per Rabu, 13 Maret 2024.

Menurut prakiraan cuaca BMKG, wilayah Jawa Tengah khususnya di Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora, Grobogan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Peringatan dini ini berlaku pada 12.59 sampai 15.50 WIB,” demikian dalam keterangan tertulis BMKG, Rabu, 13 Maret 2024.

Sementara itu, hujan lebat berpotensi meluas ke  Kabupaten Demak, Kota Semarang, dan Kabupaten Batang.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat pada periode 8 – 14 Maret 2024 serta potensi banjir di daerah pesisir.

GRAFIS: Peta peringatan dini cuaca wilayah Jawa Tengah periode Rabu, 14 Maret 2024. (Sumber: BMKG)

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya:

Pesisir Sumatera Utara
Pesisir Kep. Riau
Pesisir Banten
Pesisir Jawa Tengah
Pesisir Jawa Timur
Pesisir Kalimantan Barat
Pesisir Sulawesi Utara
Pesisir Maluku Utara

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, menjelaskan potensi banjir rob dapat berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap peningkatan curah hujan yang berpotensi terjadi dalam seminggu kedepan dengan terus memperbarui informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca,” kata Guswanto. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Tags: BMKG Semarangcuaca ekstremCurah hujan tinggihujan deras

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *