Program Alfability Raih Penghargaan, Alfamart: Upaya Junjung Inklusivitas

Jakarta

Alfamart meraih penghargaan sebagai Fortune Indonesia Change the World: 2023 dari Fortune Indonesia. Capaian ini diraih berkat hadirnya program Alfability yang merangkul penyandang disabilitas menjadi karyawan di Alfamart maupun anak perusahaan.

Diketahui, penyerahan piagam penghargaan dilakukan kepada Human Capital Director Tri Wasono Sunu di Jakarta pada Kamis (7/3). Sunu mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu wujud refleksi pengakuan dari stakeholders.

Menurutnya, Alfamart dipandang membawa nilai yang lebih dari sekadar menjalankan bisnis. Namun turut menjalankan bisnis yang berdampak positif.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Penyandang disabilitas ini sesungguhnya berdaya, mereka bisa berkarya, memberikan yang terbaik di diri mereka dalam pekerjaan, dan itu kami tangkap sebagai potensi. Sehingga Alfamart tidak ragu untuk rangkul mereka menjadi bagian dari karyawan Alfamart,” jelas Sunu dalam keterangan tertulis, Senin (11/3/2024).

Ia menjelaskan langkah Alfamart untuk merangkul penyandang disabilitas bukan lah sesuatu yang baru. Sebab hal ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu.

Hingga akhir 2023, ungkap Sunu, ada lebih dari 1.200 penyandang disabilitas yang telah menjadi karyawan Alfamart dan anak perusahaannya. Para penyandang disabilitas ini ditempatkan sesuai persyaratan kompetensi bidang pekerjaan.

“Alfability ini adalah upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang menjunjung tinggi inklusivitas, dengan mengembangkan lingkungan kerja yang terbuka dan peduli kepada penyandang disabilitas,” tambahnya.

Sebagai informasi, penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian dewan panelis Fortune Indonesia kepada program perusahaan yang mampu memberikan dampak positif. Serta membuka kesempatan baru bagi masyarakat, karyawan, lingkungan yang berdampak nyata. Program Alfability dari Alfamart dianggap mampu memberikan kontribusi nyata pada para penyandang disabilitas di Indonesia.

(akn/ega) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *