Keramas Bareng di Sungai Cisadane, Pj Wali Kota Bagi-bagi Rejeki ke Warga

Palapanews.com-Warga Babakan berbondong-bondong keramas dan mandi bareng di Sungai Cisadane, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Minggu, 10 Maret 2024.

Para warga melakukan keramas dan mandi bareng ini dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Dan, kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya untuk menjaga tradisi.

Para warga pun tak segan-segan membawa peralatan mandi seperti gayung berserta sampo dan sabun yang diikuti oleh kalangan orangtua hingga balita.

Fia bersama temannya Firdin menyampaikan, jika keramas dan mandi bareng ini diikutinya tiap tahun mulai dari duduk dibangku sekolah dasar. “Dari dulu udah ikut keramas dan mandi bareng di Sungai Cisadane,” ucap remaja yang sekarang duduk dibangku sekolah tingkat pertama.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Camat Tangerang, Sekretaris Camat, dan Lurah Babakan ini menerangkan, tradisi keramas bareng ini untuk menjaga dan melestarikan tradisi yang sudah ada sejak dulu. Dengan adanya, kegiatan ini juga, warga sekitar juga harus menjaga kebersihan diri, kebersihan keluarga, kebersihan lingkungan,serta menjaga kebersihan Sungai Cisadane.

“Mari kita lestarikan budaya yang sudah ada dan juga menjaga kebersihan Sungai Cisadane,” papar Nurdin.

Camat Tangerang, Yudi Pradana mengatakan, warga Babakan memiliki tradisi tersendiri untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan, salah satunya dengan melakukan keramas dan mandi bareng di Sungai Cisadane.

“Tradisi ini harus tetap dilestarikan karena ini merupakan budaya yang ada ditengah masyarakat Babakan,” ujar Yudi seraya mebgucapkan kepada tim BPBD Kota Tangerang, Satpol PP serta TNI/Polri dalam mensupport kegiatan ini.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Tangerang saat membuka kegiatan keramas dan mandi bareng ini juga menyisihkan rejekinya kepada warga sekitar yang mengikuti keramas bareng.  “Hore, dapat rejeki dari pak Pj,” kata salah satu warga.(ydh)

Komentar Anda

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *