BPBD Kota Sukabumi Evakuasi Pohon Tumbang di Cikundul

LEMBURSITU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, menerjunkan delapan personel untuk melakukan evakuasi pohon jenis Kiacret tumbang di RT2/RW5, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Jumat (8/3).

Kalak BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat mengatakan, setelah menerima laporan sekitar pukul 5.00 WIB petugas langsung mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi.

Bacaan Lainnya

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Monitoring TPT di Jalan KoleberesIndeks Risiko Bencana di Kota Sukabumi Masuk Kategori SedangPasca Gempa Bumi, BPBD Kota Sukabumi Belum Terima Laporan Kerusakan

“Alhamdulillah tidak ada rumah yang tertimpa pohon tombang tersebut. Karena memang lokasinya cumup jauh dari pemukiman warg,” kata Novian kepada Radar Sukabumi, Jumat (8/3).

Lanjut Novian, evakuasi pohon Kiacret yang berdiameter cukup besar dilakukan dengan dengan menggunakan Mesin Sinso. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari warga sekitar yang membantu proses evakuasi ini,” ucapnya.

Saat ini, BPBD Kota Sukabumi masih terus melakukan pemantauan terhadap kondisi pohon lain yang rawan tumbang akibat cuaca ekstrim. “Masyarakat diimbau untuk waspada dan segera melaporkan ketika menemukan pohon yang rawan tumbang kepada pihak terkait,” paparnya.

Tak hanya itu, Novian juga mengingatkan warga agar tidak berteduh di bawah pohon saat turun hujan. Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. “Karena saat ini musim hujan, kami mengingatkan agar warga dapat lebih waspada,” paparnya.

Pihaknya, juga mengingatkan agar warga tidak mendirikan bangunan sekitar pohon karena dapat berpotensi mengancam keselamatan. “Terlebih mendirikan bangunan kan sudah diatur demi keamanan dan keselamatan agar warga tidak mendirikan pembangunan sekitar pohon maupun bantaran sungai,” pungkasnya. (bam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *