Kostrad Gelar Syukuran HUT ke-63 di Ancol, Wiranto-Gatot Nurmantyo Hadir

Jakarta

Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa memimpin syukuran peringatan HUT Ke-63 Kostrad di Beach City Internasional Stadium Ancol, Jakarta Utara. Saleh mengatakan Kostrad telah mendukung program pemerintah dengan mewujudkannya dalam tiga program unggulan, yaitu pelestarian hutan dan penghijauan, TNI Manunggal Air serta program bakti sosial.

Dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Rabu (6/3/2024), syukuran HUT ke-63 ini diawali dengan pemutaran video profil kostrad kemudian video transformasi Kostrad. Acara kemudian dilanjutkan dengan penghormatan dari Pangkostrad dan prajurit Kostrad kepada sesepuh Kostrad yang hadir pada acara ini.

Pada HUT ke-63 ini, Kostrad mengusung tema ‘Petarung Militan Penjaga Kedaulatan NKRI’. Dalam sambutannya, Muhammad Saleh Mustafa mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan sesepuh Kostrad atas dukungan dan motivasi yang diberikan untuk prajurit Kostrad.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya mewakili prajurit Kostrad mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panglima TNI yang telah menyiapkan prajurit Kostrad melalui program well paid, well train, well equip dan well organize, juga kepada Bapak KSAD yang telah memberikan dukungan dan perhatian yang penuh kepada prajurit Kostrad, baik dalam aspek alutsista, perlengkapan dan kesejahteraan prajurit,” ujar Saleh.

Foto: Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa (dok istimewa)

Saleh mengatakan Kostrad telah melakukan transformasi untuk menjadikan satuan Kostrad yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaftif. Saleh menyebut atas perintah Panglima TNI dan KSAD, Kostrad telah mewujudkan tiga program unggulan, yaitu pelestarian hutan dan penghijauan, TNI Manunggal Air serta program bakti sosial untuk mengatasi kesulitan di masyarakat.

“Selain itu dalam mendukung program pemerintah mengatasi kesulitan masyarakat, atas perintah Panglima TNI dan Bapak KSAD, Kostrad telah mendarmabaktikan dan mewujudkannya dalam tiga program unggulan, yaitu pelestarian hutan dan penghijauan, TNI Manunggal Air serta program bakti sosial,” katanya.

Saleh juga mengucapkan terima kasih ke para sesepuh Kostrad. Dia menyebut sesepuh Kostrad menjadi suri tauladan yang menjadikan prajurit Kostrad untuk selalu berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas.

“Yang juga tidak kalah pentingnya kami prajurit Kostrad mengucapkan terima kasih kepada para sesepuh Kostrad atas suri tauladan yang menjadikan prajurit Kostrad untuk selalu berbuat yang terbaik, berani, tulus dan Ikhlas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan sesepuh Jenderal TNI (Purn) Wiranto mengaku terharu. Hal itu karena, katanya, dia tetap dihormati dan diberikan perhatian oleh prajurit Kostrad meskipun sudah menjadi purnawirawan TNI.

“Saya bersama para sesepuh Pangkostrad di masa lalu merasa sangat terharu dan bangga, karena walau sudah menjadi mantan tapi tetap dapat perhatian dan penghormatan dari prajurit Kostrad,” ujarnya.

Foto: Wiranto (dok istimewa)

Wiranto merasa bangga setelah melihat tayangan video mengenai sejarah Kostrad. Dia menyebut tayangan itu membuktikan Kostrad selalu berhasil dalam melaksanakan tugas operasi, menjaga kedaulatan Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri.

“Selain itu, dengan melihat tayangan sejarah Kostrad saya bangga karena Kostrad selalu berhasil dalam melaksanakan tugas operasi menjaga kedaulatan Indonesia baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Saleh juga menyapa prajurit Kostrad melalui video conference yang tergabung dalam Satgas Konga XXIII-R Unifil Lebanon, Satgas Kosektor di Papua dan Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Armed 10 di perbatasan Kalimantan. Tak hanya itu, acara juga dilanjutkan dengan foto bersama serta ramah tamah dengan menyaksikan penampilan tarian prajurit dan Persit Kostrad, Cakra Band dan dimeriahkan artis Ibu kota Rossa, Dara, Komika Mongol dan Band Wali serta pengundian ratusan doorprize.

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-63 Kostrad, telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya berbagai perlombaan, olahraga bersama, karya bakti pembersihan tempat ibadah dan fasilitas umum, merefleksikan RTLH veteran/purnawirawan, serta kegiatan bakti sosial yang dibagikan berupa donor darah, pembagian sembako, pengobatan massal, ziarah TMP Kali Bata, doa bersama dan diakhiri dengan acara Syukuran,.

Acara syukuran ini dihadiri para pejabat Pangkostrad dan Kaskostrad di masanya, antara lain Letjen TNI (Purn) Tarub, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Letjen TNI (Purn) Sugiono, Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo, Letjen TNI (Purn) Erwin Sudjono beserta Ibu, Letjen TNI (Purn) Burhanudin Amin beserta Ibu, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Letjen TNI (Purn) Agus Kriswanto beserta Ibu, Letjen TNI (Purn) Besar Harto Karyawan beserta Ibu, Letjen TNI Eko Margiyono beserta Ibu, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad), Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Hadir juga Irkostrad Mayjen TNI Mochamad Reza Utama, Pangdivif 1, 2 dan 3 Kostrad, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Para Kabalak Kostrad , serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad serta Wakil Ketua dan para pengurus.

(whn/eva) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *