Mudik Motor Gratis Lebaran 2024: Syarat, Cara Daftar, Rute

Jakarta

Mudik Motor Gratis atau Motis 2024 segera dibuka. Ini merupakan program mudik gratis Lebaran 2024 untuk kendaraan sepeda motor bagi penumpang kereta api oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

Tujuan diselenggarakannya program Motis Lebaran 2024 adalah supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran 2024 dapat ditekan. Selain itu juga untuk meningkatkan keselamatan saat arus mudik Lebaran 2024.

Melalui akun Instagram resmi Motis dan DKJA telah dibagikan informasi terkait jadwal pendaftaran keikutsertaan program Motis Lebaran 2024 mulai 4 Maret, beserta syarat dan ketentuan juga rute perjalanan yang dilalui. Berikut informasi selengkapnya:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jadwal pendaftaran program Motis Lebaran 2024 akan dibuka dari tanggal 4 Maret 2024 sampai 18 April 2024. Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau offline langsung ke stasiun kereta api yang melayani program Motis 2024.

Cara daftar Motis Lebaran 2024 online:

Kunjungi laman https://mudikgratis.dephub.go.id/Pilih menu moda transportasi dengan “Kereta Api”- Untuk moda transportasi bus pendaftaran via aplikasi Mitra DaratKlik menu “Pendaftaran”, lalu isi “Form Pendaftaran” yang meliputi:- Asal dan tujuan perjalanan serta tanggal mudik/balik- Informasi data diri peserta serta dokumen pendukungSelanjutnya informasi tiket akan ditampilkan dan peserta dapat review data pendaftaranResume pendaftaran berhasil tersimpan dan dapat melakukan verifikasi pendaftaran.

Syarat dan Ketentuan Motis Lebaran 2024

KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga (KK), STNK.Besaran motor kurang dari 200 CC; standard & tidak modifikasi.Satu motor dapat difasilitasi pembelian 2 tiket penumpang dewasa + anak usia di bawah 3 tahun.Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk. Pendaftaran juga dapat dilakukan di posko pendaftaran yang ditunjuk.Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.Pembelian tiket kereta api untuk peserta Motis 2024 adalah sesuai dengan nama peserta Motis 2024 yang terdaftar.Penumpang kedua tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) peserta yang terdaftarTiket yang telah dibeli tidak dapat dibatalkan, diubah jadwal, dan perubahan nama penumpang.Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki/menunjukan bukti mudik moda transportasi lainnya.Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor.Pada saat penyerahan sepeda motor, peserta wajib menunjukkan KTP asli pendaftar dan bukti pendaftaran.Sepeda motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun tujuan, akan dikenakan biaya parkir oleh pengelola parkir resmi stasiun.Tidak diperkenankan menitipkan helm dan kaca spion.BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan.Kode booking tiket kereta api akan diberikan pada saat penyerahan sepeda motor.Peserta dilarang memberikan tip bagi petugas Motis 2024Para peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.

Rute Jalur Perjalanan Motis Lebaran 2024

Berikut rute perjalanan untuk program Motis Lebaran 2024 melalui jalur utara, jalur tengah, dan jalur selatan, beserta daftar stasiunnya:

Jalur Utara:

Stasiun CilegonStasiun Jakarta GudangStasiun Pasar SenenStasiun Cirebon PrujakanStasiun TegalStasiun PekalonganStasiun Semarang Tawang.

Jalur Tengah:

Stasiun Jakarta GudangStasiun Pasar SenenStasiun Cirebon PrujakanStasiun PurwokertoStasiun KroyaStasiun Kutoarjo.

Jalur Selatan:

Stasiun Jakarta GudangStasiun Pasar SenenStasiun KiaracondongStasiun KroyaStasiun GombongStasiun KebumenStasiun LempuyanganStasiun PurwosariStasiun Madiun.(wia/imk) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *