Jalan Kelet-Sambungoyot Jepara Rusak, DPUPR: Itu Kewenangan Provinsi 

JEPARA, Lingkarjateng.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Jepara menanggapi rusaknya jalan Kelet-Sambungoyot.

Kerusakan jalan tersebut bisa membahayakan pengguna jalan, terlebih saat musim hujan seperti sekarang, karena lubang jalan tertutup genangan air.

Kepala DPUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar mengatakan bahwa, pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan jalan tersebut.

Rawan Kecelakaan! Jalan Kelet-Sambungoyot Jepara Banyak Berlubang

Hal ini karena jalan rusak yang ada di Desa Kelet, Kecamatan Keling itu termasuk jalan provinsi. Sehingga yang memiliki kewenangan atas jalan tersebut adalah PUPR Provinsi.

“Untuk jalan rusak di Desa Kelet tersebut termasuk jalan provinsi, dan PUPR provinsi yang mempunyai wewenang,” kata Kepala DPUPR Jepara, Ary Bachtiar, pada Kamis, 29 Februari 2024.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara hanya akan memperbaiki jalan sesuai dengan kewenangannya yaitu jalan kabupaten.

“Untuk saat ini perbaikan jalan kabupaten berupa penutupan lubang jalan dengan aspal dingin (coldmix), karena kondisi masih sering hujan,” tambahnya.

Senada, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Jepara Agus Priyadi, menjelaskan bahwa jalan Kelet-Sambungoyot merupakan jalan provinsi, sehingga yang mempunyai kewenangan untuk menindaklanjuti ada pada pihak Provinsi Jawa Tengah.

Ia juga mengaku bahwa, pihaknya tidak boleh mengerjakan jalan provinsi dan jalan nasional karena semuanya sudah diatur.

“Kami hanya bisa menyampaikan ke pihak provinsi, terkait laporan kondisi jalan tersebut,” kata Agus Priyadi kepada Lingkar.

Ia mengatakan, pihaknya telah melaporkan kondisi jalan tersebut kepada pihak provinsi untuk segera dilakukan perbaikan. 

Mengingat saat ini musim penghujan, keadaan jalan tersebut akan tergenang air sehingga lubang-lubang jalan tidak akan terlihat dan berbahaya bagi pengendara yang melintas.

Ia menambahkan, pihaknya telah menambal kerusakan jalan di beberapa titik seperti Jalan Krapyak, Kecamatan Tahunan.

Pihaknya pun akan memperbaiki dan menambal jalan sesegera mungkin. Namun, masih ada beberapa yang belum terlaksana secara maksimal karena faktor cuaca sekarang ini, yaitu musim penghujan. 

Sebagai informasi, jalan nasional yang ad di Kabupaten Jepara meliputi sepanjang jalan Welahan-Gotri-Kalinyamatan-Pecangaan-Tahunan-Jepara. 

Sedangkan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Jepara meliputi Jepara-Keling, Gotri-Batas Kudus-Demaan-Tegalsambi-Kedungmalang-Pecangaan.

Sebelum diberitakan, warga Desa Kelet, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara meminta pemerintah daerah setempat segera memperbaiki Jalan Kelet- Sambungoyot.

Kerusakan cukup parah Jalan Kelet-Sambungoyot terjadi di depan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Keling hingga sekitar tempat pengisian gas tepatnya di sebelah timur jembatan Sungai Gelis.

Jika melihat kondisi di lapangan, akan terlihat sejumlah jalan berlubang dengan kedalaman sekitar 10-12 sentimeter. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)

Tags: Berita JeparaDPUPR JeparaInfo JeparaJalan Rusakjalan rusak jeparaJepara Hari IniPemkab Jepara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *