Naik Rantis Bareng Panglima-Kapolri, Prabowo Cek Alutsista di Mabes TNI

Jakarta

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah dianugerahi Jenderal Kehormatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usah penganugerahan itu, Prabowo bersama dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek alat utama sistem pertahanan (Alutsista).

Pantauan detikcom, Rabu (28/2/2024) momen tersebut terjadi usai pelaksanaan Rapim TNI Polri 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Prabowo bersama Agus Subiyanto dan Listyo Sigit terlihat menaiki kendaraan taktis untuk mengecek Alutsista. Meski rintik hujan, mereka berkeliling mengecek Alutsista yang terparkir di halaman GOR Ahmad Yani.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai informasi, Menhan Prabowo Subianto menyerahkan BAST Alpalhankam kepada Panglima TNI, Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan.

Sebelumnya Prabowo disematkan penghargaan Jenderal Kehormatan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangkaian acara Rapim TNI.

“Terakhir, dalam kesempatan yang baik ini, yang berbahagia ini, saya ingin sampaikan penganugeragan kenaikan pangkat istimewa berupa Jenderal TNI kehormatan kepada bapak Prabowo Subianto,” kata Jokowi di akhir sambutannya.

“Penganugerahan ini bentuk penghargaan, sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan negara. Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” imbuhnya.

Jokowi pun menanggalkan pangkat Prabowo sebelumnya, yang bintang tiga, dan mengganti dengan pangkat baru, bintang empat. Kemudian, keduanya saling memberi hormat.

Dalam Rapim TNI-Polri tersebut, hadir Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Probowo serta Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Mohammad Ali, Kepala Staf Angatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Agus Supriatna.

Tema Rapim TNI-Polri tahun ini yaitu “TNI-POLRI Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju”. Dalam rapim ini, Jokowi juga akan memberikan kenaikan pangkat secara istimewa Menhan Prabowo Subianto sesuai Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.

(wnv/aik) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *