Minim SDM, 120 Pejabat Pemkot Tangerang bakal Ikut Kompetensi PPK Tipe C

Palapanews.com Untuk mewujudkan pengadaan barang/jasa yang transparan, akuntabel, dan efisien di era digital, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menyelenggarakan Pembekalan Persiapan Pelatihan Kompetensi bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tipe C Model Massive Open Online Course (MOOC) Provinsi Banten Tahun 2024, yang diselenggarakan di Grha Bakti Karya, Moderland, Senin, 26 Februari 2024.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 beserta perubahannya pada pasal 88, maka PPK yang dijabat Aparatur Sipil Negara wajib memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pengadaan Barang/Jasa paling lambat 31 Desember 2023.

Berdasarkan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa terdapat 3 (tiga) tipologi PPK yang dibedakan berdasarkan ruang lingkup pekerjaan, yaitu PPK Tipe A, PPK Tipe B dan PPK Tipe C.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman saat membuka acara Pembekalan tersebut menyampaikan, peningkatan kompetensi PPK ini sangat penting dan diperlukan bagi pembangunan di Kota Tangerang.

“Di era digital ini, PPK dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam melaksanakan tugasnya,” ucap Herman.

Sekda, mengatakan, Pemkot Tangerang berkomitmen untuk mendukung penuh upaya peningkatan kualitas SDM aparatur, termasuk PPK.

“Pemkot Tangerang siap memfasilitasi dan memberikan dukungan penuh kepada para PPK dalam mengikuti pelatihan ini. Kami berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, para PPK dapat lebih optimal, profesional sehingga terwujudnya pengadaan barang/jasa yang berkualitas dan berdaya saing,” jelasnya.

Diketahui, pejabat yang nantinya akan mengikuti Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tipe C sebanyak 120 orang.

Pelatihan ini, kata Sekda, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi PPK dalam memahami regulasi dan prosedur pengadaan yang terbaru, serta mampu menerapkannya dengan baik.

“Diharapkan para peserta dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal dan memberikan dampak positif bagi pembangunan Kota Tangerang,” pungkasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *