XL Axiata Pastikan Performa Jaringan di Area Banjir di Grobogan, Demak, dan Kudus Tetap Terjaga

Palapanews.com – Performa jaringan di area terlanda banjir di Grobogan, Demak, dan Kudus tetap bisa terjaga karena tim jaringan XL Axiata juga telah melakukan rekayasa jaringan yang memungkinkan area tersebut tetap terlayani oleh BTS-BTS yang ada di sekitarnya.

Selain itu, sejumlah langkah preventif juga telah dilakukan tim XL Axiata antara lain berupa relokasi perangkat vital ke tempat yang lebih tinggi, serta desain ulang penempatan dan pembangunan shelter BTS di posisi lebih tinggi dari permukaan.

Sementara itu, dalam situasi dan kondisi darurat seperti saat ini, sangat penting untuk menjaga layanan telekomunikasi dan data bisa tetap beroperasi, karena menjadi sarana utama komunikasi bagi masyarakat, korban, juga aparat yang menangani bencana. Hingga saat ini, terdapat sekitar lebih dari 1.080 BTS 4G yang tersebar di seluruh Grobogan, Demak, dan Kudus.

Selama bencana banjir melanda sebagian daerah di Jawa Tengah, layanan kepada pelanggan tetap bisa terjaga. Meskipun banjir juga menyebabkan sebagian infrastruktur jaringan milik XL Axiata terdampak, terutama pemadaman aliran listrik. Namun, langkah antisipasi telah disiapkan, seperti mobilisasi genset. Tim di lapangan telah berupaya maksimal untuk mengatasi situasi dan kondisi medan akibat banjir yang melanda.

“Berbagai kerja keras dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim teknis dalam menjaga performa jaringan berhasil menekan jumlah BTS yang terdampak banjir. Hingga saat ini hanya sebagian kecil dari BTS di area terlanda banjir yang belum bisa dipulihkan karena terendam banjir. Untuk kota/kabupaten di Jawa Tengah lainnya, kami memastikan tetap beroperasi secara normal,” jelas Group Head Central Region XL Axiata Arif Farhan Budiyanto.

Arif menambahkan, performa jaringan di area terlanda banjir di Grobogan, Demak, dan Kudus tetap bisa terjaga karena tim jaringan XL Axiata juga telah melakukan rekayasa jaringan yang memungkinkan area tersebut tetap terlayani oleh BTS-BTS yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA : XL Axiata Salurkan Bantuan Sembako Bagi Korban Banjir di Jawa Tengah

Selain itu, sejumlah langkah preventif juga telah dilakukan tim XL Axiata antara lain berupa relokasi perangkat vital ke tempat yang lebih tinggi, serta desain ulang penempatan dan pembangunan shelter BTS di posisi lebih tinggi dari permukaan.

Saat banjir datang tak bisa dihindari, tim teknis juga memastikan ketersediaan daya di BTS yang terdampak banjir serta menyiapkan portable genset untuk back-up BTS yang terdampak pemadaman listrik.

Sementara itu, selama banjir melanda, tim XL Axiata di lapangan yang bekerja siang dan malam dengan sigap mendatangi lokasi BTS yang terkena banjir maupun yang aksesnya terlanda banjir untuk memastikan bahwa jaringan bisa kembali normal. (rls/bd)

Komentar Anda

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *