Pemkab Bangkep Gelar Forum Perangkat Daerah Tahun 2024 Sebagai Tahapan Perencanaan Pembangunan

Salakan, BanggaiKep.go.id – Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) gelar Forum Perangkat Daerah Kab. Bangkep Tahun 2024 sebagai tahapan perencanaan pembangunan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 yang dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Edison Moligay di Aula Bappeda dan Litbang, Senin (19/2/2024).

Dalam sambutan Bupati yang di bacakan oleh Edison menyampaikan Forum perangkat daerah yang di laksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, di mana proses penyelenggaraan pembangunan di laksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi, artinya masyarakat tidak lagi dijadikan hanya sebagai objek dari pembangunan tetapi masyarakat di ikut sertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan pembangunan itu sendiri.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan yang merupakan isu faktual yang menjadi perhatian kita semua dalam merumuskan suatu kebijakan pembangunan sehingga apa yang kita program kan pada tahun 2024 benar-benar dapat menjawab segala permasalahan dan tantangan yang ada,” ucap Edison.

“Isu strategis tersebut antara lain SDM yang berdaya saing, rendahnya akses dan mutu pendidikan, rendahnya kualitas dan layanan kesehatan, nilai tambah dan produktivitas sektor unggulan Banggai Kepulauan, informasi teknologi dan digitalisasi, konektivitas infrastruktur antar wilayah kecamatan, kemiskinan dan stunting, reformasi birokrasi dan inovasi daerah serta tata kelola pemerintahan,” tambahnya.

“Saya berharap kiranya kita mampu merumuskan beberapa kebijakan–kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan Kabupaten Banggai Kepulauan sebagaimana yang telah di tetapkan dalam peraturan kepala daerah Kabupaten Banggai Kepulauan nomor 10 tahun 2022 tentang rencana pembangunan daerah Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 2023-2026,” harapnya.

“Saya instruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah agar mengikuti desk di dampingi oleh seluruh Pejabat Eselon III dan Kasubag. Perencanaan agar dapat mendengarkan dan berdiskusi langsung dengan delegasi kecamatan terkait usulan prioritas kecamatan dan hasil reses DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan,” ujar Edison.

Turut hadir  Anggota DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pabung 1308/LB, Camat se- Kabupaten Banggai Kepulauan, serta undangan lainnya. (Roy-KOMINFO)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *