Gubernur Kaltara Minta Peserta Pemilu Hormati Proses Rekapitulasi

Jakarta

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A Paliwang meminta peserta pemilu untuk menghormati proses rekapitulasi berjenjang perhitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan KPU dan jajaran ad hoc.

“Mari menghormati seluruh proses rekapitulasi yang saat ini masih dilakukan oleh KPU, dan tetap ciptakan suasana yang harmonis,” kata Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, sebagaimana dilansir Antara, Senin (19/2/2024).

Saat ini, KPU sedang melakukan rekapitulasi suara secara berjenjang dari tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), untuk kemudian rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten/Kota untuk menghitung perolehan suara pilpres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Gubernur mengatakan tiap calon legislator meraup jumlah suara pemilih yang berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada sedikit. Yang lebih penting menurut dia, suasana kondusif harus terus dijaga oleh semua pihak, terkhusus oleh calon legislatif yang tercatat sebagai peserta Pemilu 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jangan memprovokasi dan terprovokasi, tetap ciptakan suasana persaudaraan,” ujarnya.

Ia menilai, proses Pemilu 2024 di Kalimantan Utara berlangsung dengan sukses dan lancar berkat kedewasaan berdemokrasi yang dimiliki masyarakat. Selain itu, peran TNI/Polri dan serta penyelenggara Pemilu sangat vital dalam menciptakan suasana aman dan damai di lingkungan masyarakat.

“Maka suasana itu perlu terus dijaga sampai nanti ada keputusan KPU terkait hasil rekapitulasi suara hasil pemilihan,” ujar dia.

Ia juga berharap proses pemulangan logistik pemilu ke gudang KPU, serta rekapitulasi berjenjang pasca-pemilihan di TPS, berlangsung aman dan kondusif.

“Hak-hak suara yang masuk dari masyarakat pemilih, jangan sampai ada yang kurang atau ada yang bertambah, maka peran semua masyarakat, pemerintah, dan TNI/Polri untuk mengawal rekapitulasi dan logistik Pemilu,” ujar dia.

(dnu/aik)

Cek Quick Count Pilpres Pileg 2024

Data tersedia dari 6 lembaga survey, hanya di detikpemilu.com

Lihat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *