Perawatan Berkala Helm Agar Tetap Aman dan Nyaman  

RADAR SUKABUMI – Bagi setiap pengendara motor yang menggunakan motor setiap harinya, tentu tidak pernah lepas dari riding gear atau perlengkapan yang harus dipakai saat berkendara. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan untuk selalu #Cari_Aman. Selain itu, penggunaan riding gear juga bisa meningkatkan gaya atau tampilan kita saat berkendara.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Helm adalah salah satu perlengkapan berkendara yang paling penting dan harus selalu dipakai. Ada berbagai jenis helm yang bisa dipilih, mulai dari full face hingga open face, namun yang terpenting adalah melindungi bagian belakang kepala dan rahang.”

“Selain memilih helm yang tepat untuk digunakan, sebagai pengendara kita juga harus merawat helm agar tetap nyaman dan aman saat dipakai,” ujar Ludhy.

Ada beberapa bagian helm yang bisa dirawat, salah satunya adalah bagian cangkang (shell), yang merupakan bagian paling keras dari helm. Kita dapat merawatnya dengan membersihkannya menggunakan kain microfiber agar tetap bersih dan mengkilap.

Bagian kedua adalah busa helm. Busa helm dapat dicuci dengan menggunakan sabun khusus busa helm tanpa perlu direndam ke dalam air. Cukup bilas busa dengan sabun tersebut menggunakan sikat halus, lalu lap dengan kain kering. Hindari menjemur busa helm karena bisa merusak lem atau jahitan pada busa. Sebaiknya, biarkan busa tersebut kering di tempat yang teduh dan terkena angin.

Bagian terakhir adalah visor atau kaca helm. Visor sebaiknya dicuci menggunakan spons halus bersama dengan sabun. Caranya adalah dengan mengalirkan air ke visor dan menggosoknya dengan lembut satu arah. Hindari membersihkan visor helm dengan menggosok dua arah atau bolak-balik, karena hal ini dapat membuat visor tergores dan mengurangi visibilitas saat berkendara.

Helm merupakan salah satu komponen berkendara yang sangat penting. Dengan perawatan yang baik, helm akan lebih awet dan nyaman saat digunakan. Selalu gunakan helm saat berkendara, baik dalam perjalanan sehari-hari maupun perjalanan jauh, untuk keselamatan kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *