Raih Suara Pemilu 2024 hingga 16.000, Gerindra Salatiga Yakin Duduki Kursi Legislatif

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Perolehan suara Partai Gerindra Salatiga pada Pemilu 2024 naik tajam. Diprediksi partai berlambang burung Garuda ini mendulang lebih dari 16.000 suara.

Meski demikian, perolehan kursi DPRD Kota Salatiga tetap sama seperti Pemilu 2019, yakni empat kursi.

“Perolehan suara naik tajam. Pemilu 2019 meraih suara sekitar 8.000-an. Pada Pemilu 2024 prediksinya, lebih dari 16.000 suara. Tapi perolehan kursi DPRD sama, empat kursi,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Salatiga Yuliyanto, Jumat, 16 Februari 2024.

Yuliyanto mengatakan, dengan perolehan suara sebanyak itu Partai Gerindra Kota Salatiga optimistis bisa menduduki kursi pimpinan DPRD Kota Salatiga.

“Kami optimistis bisa meraih kursi DPRD,” ujarnya.

Dia menyampaikan, Partai Gerindra Salatiga bersama partai koalisi berhasil memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi Pilpres 2024 di Kota Salatiga.

Berdasarkan hasil hitung cepat di Salatiga Prabowo-Gibran meraih suara 54,39 persen. Namun perolehan suara pilpres tidak bisa linier dengan pemilihan legislator (pileg). Menurut Yuliyanto, hal itu terjadi karena pertarungan politik dalam Pileg lebih keras. Dia menyebut nuansa politik uang sangat kental dalam pemilihan legislator.

“Kalau pilpres itu, pemilih memilih figur calon. Tapi kalau pileg, pemilih memilih yang ngasih uang paling banyak,” terangnya.

Menurutnya, dalam kontestasi Pileg di Salatiga yang menentukan caleg bakal terpilih atau tidak itu politik uang.

“Jadi sapa yang paling banyak memberikan uang kepada pemilih, kemungkinan besar bisa meraih suara banyak,” ucapnya. (Lingkar Network | Angga Rosa – Lingkarjateng.id)

Tags: Berita SalatigaInfo SalatigaPartai GerindraPemiluPemilu 2024Pileg 2024Pilpres 2024

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *