Fadli Zon soal Jokowi Tak Kampanye: Komitmen Jaga Netralitas

Jakarta

Waketum Partai Gerindra Fadli Zon menanggapi soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan tidak akan berkampanye. Fadli Zon menyebut pernyataan itu merupakan komitmen menjaga netralitas.

“Saya kira masa kampanye tinggal 2 hari lagi. Jadi itu adalah komitmen bahwa walaupun secara undang-undang dimungkinkan dengan berbagai macam persyaratan, tapi Presiden menyatakan itu kan komitmen untuk tetap menjaga netralitas,” kata Fadli Zon di Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/2/2024).

Keputusan tersebut, menurut dia, juga mempertimbangkan masukan dari berbagai kalangan intelektual. Fadli Zon meyakini proses pemilu tahun ini relatif berjalan lebih lancar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya kira ini juga mendengar masukan-masukan dari berbagai kalangan perguruan tinggi, intelektual. Saya yakin bahwa secara praktik sekarang ini pemilu berjalan relatif lebih lancar, lebih baik, aman, tidak ada intimidasi. Bahkan juga dibanding dengan pemilu sebelumnya,” ucapnya.

“Jadi saya kira itu adalah satu hal yang baik, apalagi juga kampanye tinggal 2 hari lagi,” sambungnya.

Jokowi Tidak Akan Ikut Kampanye

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjawab isu bahwa dirinya akan berkampanye di hari terakhir masa kampanye yakni pada 10 Februari 2024. Jokowi menegaskan tidak akan turun kampanye.

“Yang bilang siapa?” kata Jokowi dalam keterangan pers seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2). Jokowi menjawab pertanyaan adanya isu dirinya akan turun kampanye pada 10 Februari.

Jokowi kembali menegaskan presiden memang diperbolehkan kampanye dan diatur dalam undang-undang. Jokowi pun pernah menunjukkan bukti aturan tersebut.

“Ini saya ingin menegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya, bahwa presiden memang diperbolehkan UU untuk kampanye, dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya,” ucapnya.

Jokowi lantas bicara apakah dirinya akan turun berkampanye. Jokowi menegaskan tidak akan berkampanye.

“Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye. Saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye,” ujarnya.

Simak Video ‘Jokowi Tak Akan Berkampanye, Ini Kata Gibran’:

[Gambas:Video 20detik]

(rdh/whn)

Ulasan Debat Pilpres 2024

Temukan analisa debat capres-cawapres pilihanmu hanya di detikpemilu!

Lihat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *