Logistik Pemilu 2024 di Semarang Mulai Didistribusikan, Dapil Terjauh Didahulukan

UNGARAN, Lingkarjateng.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum (pemilu) ke masing-masing daerah pemilihan (dapil) pada Rabu, 7 Februari 2024. Logistik Pemilu 2024 berupa surat suara dan kotak suara hari ini didistribusikan ke empat kecamatan yang merupakan dapil terjauh.

“Hari ini pendistribusian dimulai ke Kecamatan Kaliwungu, Getasan, Kecamatan Susukan, dan juga Kecamatan Tengaran. Pendistribusian hari ini memang fokus dulu di lokasi dapil terjauh, dan ini sesuai imbauan serta arahan dari KPU RI,” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Bambamg Setyono, saat memulai pendistribusian di Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Bambang menjelaskan, Kecamatan Kaliwungu menjadi lokasi pertama yang akan menerima logistik Pemilu 2024. Alasannya selain menjadi wilayah paling jauh di Kabupaten Semarang, di Kaliwungu juga ada 105 TPS.

“Paling jauh Kecamatan Kaliwungu ini, berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali, dan disana ada 105 TPS jadi logistik kami kirim dulu ke sana. Setelah itu baru berurutan ke Kecamatan Susukan, lalu ke Kecamatan Tengaran, dan ke Kecamatan Getasan,” terangnya.

Untuk wilayah lainnya, Bambang menyampaikan pendistribusian ke wilayah-wilayah lain di Kabupaten Semarang akan diteruskan hingga 11 Februari 2024.

“Besok ada tiga wilayah dan selanjutnya akan terus demikian. Sampai tanggal 11 Februari 2024 nanti, kita pastikan semua logistik sudah sampai di masing-masing wilayah. Kalau dapil di Kabupaten Semarang ada lima dapil, jadi pendistribusiannya sesuai dengan wilayah dapilnya masing-masing hari ini artinya di dapil lima karena ada empat kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Semarang,” tuturnya.

Ditanya soal Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bambang mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Forkompimcam masing-masing wilayah untuk menyediakan gudang penyimpanan yang layak.

“Karena ini musim penghujan jadi kami memang minta ke per kecamatan untuk menyediakan gudang penyimpanan yang layak, jadi logistik Pemilu 2024 ini akan selalu dalam keadanan aman sampai nanti digunakan tanggal 14 Februari 2024. Selain itu juga nanti tingkat PPK akan bergeser ke tingkat desa, pada 11 sampai dengan 12 Februari 2024. Dan kami dari KPU juga sudah mengantisipasi agar pendistribusian logistik ini berjalan lancar dan aman,” tegasnya.

Dia menyebutkan, KPU bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk pendistribusian logistic pemilu di Kabupaten Semarang.

“Mobil boks milik PT Pos Indonesia inilah yang akan mengirimkan logistik-logistik ini ke masing-masing wilayah, jadi aman karena kedap air,” tutupnya. (Lingkar Network | Hesty Imaniar – Lingkarjateng.id)

Tags: Berita SemarangKPU SemarangPemiluPemilu 2024

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *