Tangsel Jadi Tuan Rumah Roadshow Bazar Nusantara Ikawati BPN Provinsi Banten

Palapanews.com- Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) ATR/BPN Provinsi Banten bersama PT Ladara Dharma Bakti (LaDaRa) menggelar Roadshow Bazar Nusantara di Atrium Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan (Tangsel) mulai 4 hingga 6 Februari 2024.

Kepala Kantor ATR/BPN Tangsel, Shinta Purwitasari yang juga Ketua Panitia kegiatan mengatakan, gelaran perdana yang berlangsung di Kota Tangsel ini dalam rangka memperluas jangkauan pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Ikawati kantor pertanahan se-Provinsi Banten.

“Jumlahnya ada 16 booth, dan ini merupakan tupoksi dari Seksi Penataan Agraria terkait pemberdayaan masyarakat dan pembinaan pelaku UMKM seluruh kabupaten/kota di Provinsi Banten,” ujarnya saat Pembukaan Roadshow Bazar Nusantara di Atrium Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangsel, Minggu (4/2/2024).

Menurutnya, adanya pemberian sertifikat tanah jangan hanya sekedar pemberian saja, tapi bagaimana agar sertifikat itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Misalnya untuk modal usaha dengan tujuan membangkitkan pelaku UMKM sehingga berdaya guna. Melalui kegiatan ini kami harap minat beli masyarakat terhadap ptpduk lokal dapat meningkat khususnya di Provinsi Banten,” imbuhnya Shinta.

Sementara itu, Kepala BPN Provinsi Banten, Sudaryanto mengungkapkan, permasalahan umum yang kerap terjadi dalam UMKM yakni, kurangnya pembinaan, kualitas SDM yang belum baik. Untuk itu kita berupaya terus memajukan dan mendukung UMKM khususnya binaan Kanwil Provinsi Banten.

“Seperti kita ketahui, pada tahun 2023 pelayanan Hak Tanggungan mencapai angka Rp 14,38 triliun. Ini sebagai kontribusi dari ATR/BPN untuk menggerakan ekonomi masyarakat. Dan ini pelaku ekonomi yang mengagunkan settifikat tanah ke bank dan digunakan untuk modal usaha. Artinya ATR/BPN mendorong pergerakan ekonomi menengah kebawah,” ungkapnya.

Wakil Pembina Ikawati Kementrian ATR/BPN RI, Nurlaili Raja Juli Antoni yang turut hadir mengapresiasi dan mengatakan, bahwa ini sebagai bentuk dukungan untuk memberikan akses pemasaran produk UMKM, khususnya tiap kantor pertanahan yang ada di Provinsi Banten.

“Terlebih di era globalisasi ini, UMKM menjadi skala prioritas lantaran sektor UMKM dinilai dapat memberikan kontribusi yang signifikan,” tandasnya.

Pada acara ini selain tersedia stan-stan UMKM se-Banten juga ada stan Ladara Food, Ladara Butik, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PPAT, Persatuan Istri Tentara (Persit), Persatuan Istri Anggota Polri (Bayangkari) dan masih banyak lagi.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Stinky Band Reeborn, Sultan Tangsel Band, Baduy Band dan band-band lainnya. Kemudian yang tidak kalah menarik banyak talkshow yang digelar, lomba mewarnai dan games show seru lainnya. (nad)

Komentar Anda

comments

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *