Presiden Jokowi Nilai Petisi Akademisi Bagian dari Demokrasi

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai petisi dari berbagai akademisi universitas soal pemerintahannya adalah bagian dari hak demokrasi yang harus dihargai.

“Ya, itu hak demokrasi yang harus kita hargai, ya,” kata Jokowi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, seperti dalam tayangan akun YouTube Sekretariat Presiden yang disaksikan di Jakarta, Sabtu.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi Pastikan Menko Polhukam Definitif dari Kalangan Non-parpolPresiden Jokowi Segera Umumkan Menko Polhukam DefinitifPresiden Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Plt Menko Polhukam

Sebelumnya, beberapa akademisi dari sejumlah universitas, seperti alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan civitas academica Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, serta dari Universitas Indonesia menyampaikan petisi berupa kritik terhadap pemerintahan Jokowi. Mereka menyinggung soal etika hingga kenegarawanan dalam petisi itu.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan dalam negara demokratis; kebebasan untuk menyampaikan pendapat, seruan, petisi, maupun kritik harus dihormati.

Penulis: Antara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *