Pj Bupati Edy Supriyanta Targetkan Jepara Masuk 3 Besar PPD Jateng

JEPARA, Lingkarjateng.id – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menargetkan Kabupaten Jepara bisa masuk nominasi 3 besar Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada tahun 2024.

Hal ini ia sampaikan memaparkan progres dan capaian pembangunan daerah di hadapan tim juri. Penilaian tahap II ini diadakan pada Selasa, 30 Januari 2024 di Hotel MG Setos Semarang.

“Hari ini kami diminta untuk menyampaikan progres pembangunan daerah di hadapan tim juri. Semoga bisa masuk tiga besar nantinya,” tuturnya.

Diketahui, saat ini Kabupaten Jepara masuk nominasi sebelas besar PPD Jateng. Ajang penghargaan tersebut digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pj Bupati Edy Supriyanta menjelaskan, pertumbuhan ekonomi di Jepara pada tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 5,95 persen.

Bahkan, kata dia, pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Jepara lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan Nasional sebesar 5,31 persen.

Lebih lanjut, Pj Bupati Edy menyebut, pada tahun 2023 tingkat kemiskinan di Jepara mengalami penurunan dengan 6,61 persen.

“Kami selalu berupaya dalam pengentasan kemiskinan di Jepara. Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat kemiskinan Jepara berkembang ke arah yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menyampaikan, pertumbuhan ekonomi di Jepara pernah mengalami koreksi pada tahun 2020-2021 karena dampak Pandemi Covid-19.

Namun pascapandemi, kata dia, pertumbuhan ekonomi di Jepara kembali bangkit.

“Alhamdulillah Jepara kembali bangkit pascapandemi dan sampai sekarang sudah menunjukkan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi,” kata Edy Sujatmiko. 

Ia juga menambahkan adanya penurunan angka pengangguran di Jepara pada tahun 2023 dengan angka 3,35 persen.

“Itu terjadi karena penciptaan lapangan pekerjaan di Jepara menunjukkan perkembangan ke arah yang positif. Begitu juga yang terjadi pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami peningkatan pada tahun 2023 dengan capaian 73,85 persen,” tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, indeks SPBE Kabupaten Jepara pada tahun 2023 mencapai 3,63 dengan predikat sangat baik dan nilai survei kepuasan masyarakat Jepara mencapai 85,11 dengan predikat baik. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Koran Lingkar)

Tags: angka kemiskinanEdy SujatmikoEdy SupriyantaPenghargaanPertumbuhan EkonomiPj Bupati JeparaSekda Jepara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *