7 Ciri Seseorang Memiliki Otak yang Cerdas

JAKARTA — Pada dasarnya ciri kecerdasan seseorang tidak bisa diukur dengan menggunakan mata telanjang. Kecerdasan seseorang bisa diukur menggunakan alat tes kecerdasan secara khusus.

Namun di beberapa forum, banyak orang yang bisa menjawab mengenai ciri-ciri seseorang mempunyai otak yang sangat cerdas. Ternyata, dari jawaban tersebut dari banyak pengguna memberikan jawaban yang disetujui oleh peneliti.

Dilansir dari Business Insider (31/1), berikut ini adalah ciri-ciri seseorang memiliki kemampuan yang sangat cerdas.

1. Mudah Beradaptasi

Beberapa pengguna Quora mencatat bahwa orang cerdas itu fleksibel dan mampu berkembang dalam berbagai situasi. Seperti yang ditulis oleh Donna F Hammett, orang-orang cerdas,beradaptasi dengan “menunjukkan apa yang bisa dilakukan terlepas dari kerumitan atau batasan yang dikenakan pada mereka”.

Penelitian psikologi terbaru mendukung gagasan ini. Kecerdasan bergantung pada kemampuan Anda mengubah perilaku Anda sendiri agar dapat mengatasi lingkungan Anda secara lebih efektif, atau membuat perubahan pada lingkungan tempat Anda berada.

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Albert Einstein pernah berkata, “Saya tidak punya bakat khusus, saya hanya punya rasa ingin tahu yang besar.”

Rasa ingin tahu yang menggebu-gebu terhadap dunia di sekitar Anda mungkin merupakan salah satu kunci kecerdasan. Menurut pengguna Quora Keyzurbur Alas, “orang-orang cerdas memikirkan diri mereka terpesona oleh hal-hal yang dianggap remeh oleh orang lain.”

Kabar baiknya adalah Anda dapat secara aktif memupuk rasa ingin tahu dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kali Anda mendengarkan presentasi, tuliskan setidaknya tiga pertanyaan meskipun Anda sebenarnya tidak sempat mengerjakannya.

3. Peka terhadap orang lain

Orang pintar “hampir bisa merasakan apa yang dipikirkan/dirasakan seseorang,” kata Richard He. Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati, yaitu menyelaraskan diri dengan kebutuhan dan perasaan orang lain dan bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan tersebut, merupakan komponen inti dari kecerdasan emosional.

Penulis: jawapos

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *