Perangkat Desa di Pematang Siantar Apresiasi Layanan JKN BPJS Kesehatan

Jakarta

Perangkat Desa di Pematang Siantar Donny Sirait (43) mengapresiasi layanan program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan. Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini mengakui pengalamannya menyenangkan saat mendapat layanan kesehatan dari Program JKN.

Meski penyakit yang pernah dideritanya tidak berat, ia menyebut pengalamannya berobat menggunakan BPJS Kesehatan tetap diberi kemudahan dan tidak dipungut biaya tambahan. Menurutnya, BPJS Kesehatan dapat menjadi solusi mudah dan efektif ketika menghadapi permasalahan kesehatan.

“Saya pernah beberapa kali menggunakan BPJS Kesehatan saat berobat. Walaupun penyakitnya ringan yaitu hanya batuk dan demam saja. Tapi memang pengalaman saya dalam menggunakan BPJS Kesehatan ini sangat luar biasa,” ungkap Donny dalam keterangan tertulis, Jumat (26/1/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya merasa dengan hadirnya Program JKN kita telah diberikan kemudahan. Saya tidak ada dipungut iur biaya tambahan apapun, tinggal dipergunakan aja BPJS Kesehatan dan memang mudah,” sambungnya.

Donny mengungkapkan dirinya terbantu dengan kemudahan mendapatkan informasi terkait fasilitas kesehatan terdekat. Menurutnya, BPJS Kesehatan memberikan akses mudah dan informatif bagi para peserta.

“Terkait untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru terkait BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan terdekat, hingga pelayanan bisa didapatkan dengan mudah,” ucap Donny.

Berdasarkan pengalaman pribadinya, lanjut Donny, pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sangat baik. Ia pun tidak mendapatkan perlakuan yang berbeda sebagai pasien BPJS Kesehatan dengan pasien lainnya. Semua berjalan dengan lancar dan ia merasa terbantu dengan pelayanan yang diberikan.

“Saya mengalami sendiri pelayanan di FKTP saat memeriksakan diri untuk berobat. Saat itu saya dilayani dengan ramah dan baik. Jadi, berdasarkan pengalaman saya pribadi memang tidak pernah dibeda-bedakan perlakuannya. Alhamdulillah, semuanya lancar dan memuaskan,” terangnya.

Selain mendapat pelayanan kesehatan, Donny juga mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan hingga pulih. Obat yang dibutuhkan tersedia tanpa harus mencari lagi di apotek lain. Ia mengatakan selama sakit, dirinya tidak pernah diminta biaya tambahan dalam mendapatkan obat yang dibutuhkan karena gratis dan dijamin oleh BPJS Kesehatan.

“Begitu pula pelayanan terkait ketersediaan obat-obatan yang dibutuhkan ketika saya sakit. Saya tidak pernah dimintakan iur biaya tambahan sepeser pun dalam mendapatkan obat yang dibutuhkan. Alhamdulillah gratis semuanya karena telah dijamin BPJS Kesehatan,” papar Donny.

“Saya sekeluarga jadi merasa terlindungi dari segi kesehatan dan pengobatan ketika sakit. Saya harap transformasi mutu layanan dari BPJS Kesehatan dapat terus ditingkatkan untuk kesejahteraan bersama,” imbuhnya.

Donny menegaskan pelayanan BPJS Kesehatan telah memberikan kemudahan, perlindungan, dan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, termasuk dirinya sebagai perangkat desa. Pengalamannya memanfaatkan Program JKN dalam mendapatkan pelayanan kesehatan membuktikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas dapat terwujud dengan baik.

Ia menilai BPJS Kesehatan telah memberikan bantuan nyata bagi banyak orang. Untuk itu, dirinya berharap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat semakin baik di masa depan.

(ega/ega) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *