Pelantikan Anggota KPPS Jelang Pemilu 2024 di Desa Boloy

Boloy, BanggaiKep.go.id – Pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 di Desa Boloy Kecamatan Bulagi Kab. Banggai Kepulauan oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Hezekieli Hia bertempat di Sekretariat PPS Desa Boloy, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan di hadiri Pj. Kepala Desa Boloy, PKD, Sekertaris PPS, Ketua BPD, Pengurus Partai Politik, Rohaniawan, serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy’ari yang di bacakan Ketua PPS Desa Boloy Hezekieli Hia mengatakan KPPS sangat penting perannya sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Ia menjelaskan bahwa salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik. Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan.

KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini sebagai simbol rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, rasa terima kasih kepada bumi, dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk pemenuhan logistik berupa kertas dalam Pemilu 2024.

Pelantikan secara serentak ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor, yaitu:
1. Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara pemilu terbanyak;
2. Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak; dan
3. Penanaman Bibit Pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

“Kami berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan,” ucap Ketua PPS Boloy.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada KPPS yang telah dilantik, selamat melaksanakan tugas semoga selalu mendapatkan petunjuk dan kelancaran dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” harapnya. (Decky-KOMINFO)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *