Houthi Kunjungi Rusia, Bahas Upaya Menekan AS-Israel Soal Gaza

Jakarta

Delegasi kelompok pemberontak Houthi melakukan kunjungan ke Moskow, Rusia. Dalam kunjungan langkanya itu, delegasi kelompok pemberontak di Yaman tersebut membahas “perlunya meningkatkan upaya untuk menekan” Amerika Serikat dan Israel agar mengakhiri perang Gaza.

Demikian diungkapkan juru bicara kelompok pemberontak yang didukung Iran tersebut pada Kamis (25/1) waktu setempat.

Sebagai ketua delegasi, juru bicara Houthi, Mohammed Abdel Salam bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov pada Kamis (25/1) waktu setempat untuk membahas konflik yang sedang berlangsung di Gaza. Demikian ditulis Salam dalam sebuah pernyataan di X, sebelumnya Twitter, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (26/1/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kelompok Houthi sejak pertengahan November 2023 lalu sering melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang melintasi Laut Merah. Ini dilakukan Houthi dalam upaya untuk menekan Israel agar mengakhiri perangnya di Gaza. Serangan-serangan ini mengancam perdagangan melalui jalur komersial penting tersebut.

Serangan tersebut mendorong Amerika Serikat dan Inggris untuk melancarkan serangkaian serangan balasan terhadap pemberontak yang didukung Iran tersebut. Pemerintah AS pun telah menetapkan kembali kelompok tersebut sebagai organisasi “teroris”.

Abdel Salam mengatakan bahwa pertemuan dengan Bogdanov membahas serangan AS dan Inggris terhadap Houthi. Dia menegaskan bahwa kini lebih mendesak bagi Amerika Serikat untuk “menghentikan agresi di Jalur Gaza dan memberikan bantuan kemanusiaan di sana daripada memiliterisasi Laut Merah”.

Sementara itu, selama pembicaraan dengan Houthi, Kementerian Luar Negeri Rusia “mengecam keras” serangan AS dan Inggris terhadap Houthi dan mengatakan bahwa serangan tersebut “mampu mengacaukan situasi dalam skala regional”.

Simak juga ‘AS-Inggris Kerahkan Jet Tempur Serang Gudang Bawah Tanah Houthi’:

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *